Gatal biduran Tambah digaruk Tambah gatal

Gatal biduran Tambah digaruk Tambah gatal

Gatal biduran Tambah digaruk Tambah gatal – Gatal biduran merupakan gangguan kulit yang tak tertahankan, bagaimana tidak? Jika digaruk bukannya tambah sembuh, justru biduran akan semakin meluas, kemudian Anda akan merasakan kulit menjadi perih karena terluka. Sementara itu jika dibiarkan tidak digaruk, rasa gatal yang tak tertahankan akan terus membayangi. Lalu apa yang harus Anda lakukan jika Anda terserang biduran? Biduran ini dapat datang kepada Anda kapanpun dan tanpa diundang. Mari baca selengkapnya.

Urtikaria - Gatal biduran Tambah digaruk Tambah gatal
Urtikaria – Gatal biduran Tambah digaruk Tambah gatal

Apakah biduran boleh digaruk?

Sesungguhnya biduran merupakan reaksi kulit pada faktor tertentu. Tanda dari reaksi kulit tersebut yaitu ada bentol-bentol atau bintik-bintik dengan berbagai ukuran dan berwarna merah, beberapa ada yang putih. Tanda yang jelas dari biduran adalah rasa gatal yang menyertai bentol-bentol tersebut. Semakin digaruk maka bentol-bentol tersebut akan menyebar semakin cepat. Karena itu sebelum lanjut membaca, pastikan Anda untuk tidak menggaruknya jika terserang biduran. Cara menyembuhkan yang tepat bukan dengan digaruk.

Urtikaria

Nama lain dari biduran adalah urtikaria. Pada beberapa kasus ada urtikaria yang dapat bertahan hingga waktu yang lumayan lama, hingga beberapa bulan dan tahun, walaupun cukup jarang terjadi. Nama dari kondisi tersebut yaitu urtikaria kronis. Biasanya jika terkena urtikaria kronis, itu karena tanda dari penyakit lain yang tengah menyerang juga, contohnya lupus, tiroid, dan diabetes type 1. Yang sering mengalami urtikaria atau biduran adalah wanita dan anak-anak, dan orang dengan batas usia 30 hingga 60 tahun. Juga orang yang mempunyai alergi tertentu.

Obat antihistamin

Untuk biduran ringan tidak perlu diobati ke dokter. Anda dapat menggunakan bedak, juga bisa menggunakan obat antihistamin. Obat tersebut dapat digunakan jika serasa biduran benar-benar mengganggu. Tetapi jika biduran yang Anda alami itu disebabkan karena udara dingin, maka Anda bisa membiarkannya. Anda cukup menggunakan minyak tawon atau minyak kayu putih. Tetapi ingat jangan digaruk, seiring waktu biduran tersebut akan hilang sendiri. Jika Anda menggaruk maka setelah biduran hilang, kulit Anda akan lecet-lecet karena terluka. Sekian artikel tentang gatal biduran, semoga bermanfaat.