Menu

Diet Sehat Pra Kehamilan

Oktober 1, 2016 | Makanan Sehat, Masa Hamil | 180 Pengunjung

Diet Sehat Pra Kehamilan – Kadang kala saat kita mengkonsumsi makanan dan terasa lezat, maka kita berharap untuk dapat mengkonsumsinya untuk dua porsi sekaligus. Nah apabila kita, Sahabat Berkat Sehat, berkeinginan melakukan diet ini diarahkan untuk melaksanakan program kehamilan, maka sebaiknya kita lebih memilih mengambil satu porsi dalam sekali makan. Itu karena diet prakonsepsi dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap upaya mengejutkan dari program kehamilan, meskipun hal itu upaya tersebut masih sebatas perencanaan.

Apakah perlu dan ada manfaatnya dari Diet sehat pra kehamilan? Sangat perlu sekali bagi kita yang menginginkan untuk mendapatkan keturunan. Selain itu diet ini sangat berpotensi, mengetahui siklus sehat menstruasi sehingga lebih mudah untuk melacak kapan saatnya untuk membuahi sel telur dan agar kehamilan yang dijalani bisa sehat. Juga bermanfaat agar bayi yang dikandungnya dapat lebih sehat hingga nanti tumbuh menjadi dewasa tetap sehat.

Junk Food - Diet Sehat Pra Kehamilan

Junk Food – Diet Sehat Pra Kehamilan

Apakah kita sudah makan dengan baik? Maka diet kita mungkin akan membutuhkan hanya sedikit dorongan untuk pembuahan, karena makan sehat di masa pra-pembuahan tidak jauh berbeda dari rencana makan yang sehat. Jadi apabila tidak makan dengan baik, atau polanya sudah cukup baik? Berarti dari sisi konsumsi, kita akan memiliki persiapan prakonsepsi yang cocok.

Tidak yakin bagaimana untuk mengubah pola makan kita agar menjadi salah satu yang pra-pembuahan dan kehamilan yang kompatibel. Namun demikian kita tetap masih mempunyai peluang dengan 4 bagian yang mudah, yaitu:

1. Berkomitmen untuk berubah

Langkah pertama untuk merombak kebiasaan makan dan melahirkan sebuah komitmen baru untuk mengubah kebiasaan lama makan kita. Tentu saja, untuk membantu mengetahui secara persis apa dan mengapa kita perlu menetapkan komitmen ini agar keinginan secepat mungkin untuk memiliki bayi yang sehat dapat terkabul.

Komitmen tersebut diantaranya memuat upaya:

a. Meningkatkan kualitas dari makan yang kita makan.

b. Mencoba untuk menurunkan berat badan dengan mengurangi timbunan lemak.

c. Sedapat mungkin bekerja pada kuantitas yang berkurang namun dengan kualitas yang baik.

d. Mencoba untuk melawan gangguan makan yang membuat kekacauan siklus dan membuat konsepsi sulit dipahami. Konsumsi hendaknya diberhatikan kuantitas dan kualitas terhadap unsur penting dalam program prakonsepsi makan.

e. Mengubah kebiasaan lama makan dan kebiasaan minum, dengan membangun pola yang baru dan menyehatkan serta akomodatif dengan program kehamilan secara sungguh-sungguh.

f. Jika upaya ini menemui kendala besar, seperti kehilangan sejumlah besar berat badan, mengatasi gangguan makan, mendapatkan diabetes di bawah kendali, sebaiknya segera menemui dokter, ahli gizi, dan terapis atau tenaga medis lainnya agar dapat membantu mengatasi tantangan tersebut.

g. Menjalin komunikasi dengan sesama calon ibu yang menginginkan anak dalam komunitas mother wannabe yang banyak tersebar di media online untuk bisa saling memberi support, dan saling menguatkan dalam menghadapi tantangan perubahan komitmen ini.

Baca Juga :   Pantangan ibu Hamil yang tidak boleh dilanggar

2. Mengesampingkan junk food

Mengesampingkan makanan dengan karbohidrat olahan, seperti cookies, donat, kue, roti putih, bagel, dan sebagainya, serta makanan ringan bergula, seperti permen dan soda dapat membantu suksesnya diet sehat pra kehamilan ini. Selain itu, juga mengesampingkan konsumsi lemak jenuh, seperti kentang goreng, keripik, makanan cepat saji berminyak dan burger benar-benar dapat membantu “penyebab bayi” karena mempengaruhi pengaturan ovulasi sehingga lebih mudah untuk hamil.

Proses pencernaan yang cepat pada karbohidrat sederhana, seperti junk food ini menyebabkan peningkatan gula darah. Proses berantai berikutnya dari sebab pertama tersebut adalah menyebabkan peningkatan insulin, yang berujung menjadi penyebab terganggunya keseimbangan hormon reproduksi, yang sangat diperlukan untuk proses reproduksi itu sendiri.

3. Meraih hal-hal yang benar

Jadi sekarang Sahabat Informasi Kesehatan telah mengetahui yang tidak harus makan, setelah semua junk food dibuang dari diet kita tentunya. Kemudian apa yang tersisa di menu diet sehat pra kehamilan kita? Untuk hasil terbaik bagi proses pra-pembuahan, yang saling berkait antara kebaikan untuk kita dengan kebaikan untuk proses pembuatan bayi, adalah dengan mengkonsumsi:

– Makanan yang kaya kalsium, seperti produk susu, keju dan yogurt, jus yang diperkaya kalsium, almond, biji wijen, sayuran berdaun hijau, tahu dan produk kedelai lainnya.

Mengkonsumsi makanan yang kaya kalsium ini akan membantu memastikan berfungsinya sistem reproduksi kita karena sangat baik untuk proses kehamilan. Hal ini akan membantu tersedianya persediaan gizi penting kita, baik untuk tulang kita maupun untuk sang bayi nantinya.

– Makanan tanpa lemak yang kaya protein seperti ayam tanpa kulit, telur untuk varietas omega-3, potongan tanpa lemak dari daging sapi dan kerbau, ikan dengan melewatkan varietas ikan merkuri serta makanan laut.

Lalu kenapa tanpa lemak? Karena lemak jenuh sangat tidak bagus untuk kesuburan. Bahkan, beberapa peneliti telah menunjukkan bahwa dengan menukar satu protein hewani dengan protein nabati, seperti quinoa atau kacang, dapat memberikan dorongan positif untuk program ini. Hanya saja jangan berlebihan dalam mengkonsumsi protein karena bila terlalu banyak juga tidak baik upaya peningkatan kesuburan.

– Zat besi dari sayuran hijau seperti collard, kale, bayam, daging sapi dan kerbau tanpa lemak, kacang polong, aprikot kering, dan oatmeal. Wanita yang mengalami anemia defisiensi zat besi cenderung memiliki gangguan siklus menstruasi, dan kacaunya siklus ini membuatnya akan lebih sulit untuk berhasil dalam proses pembuahan.

– Karbohidrat kompleks seperti beras merah, biji-bijian dan roti gandum sangat bagus untuk menjaga kadar hormon insulin agar stabil. Selain itu, juga bermanfaat untuk menyeimbangkan hormon reproduksi, yang menyediakan dosis sehat bagi program kehamilan, seperti nutrisi dan asam folat.

Baca Juga :   Buah-buahan Menjadi Snack Sehat Untuk Ibu Hamil Bagian 2

– Buah dan sayuran, terutama yang berwarna cerah, seperti berries, mangga, melon, wortel, ubi jalar, paprika merah dan sayuran berhijau daun. Buah dan sayuran ini menghasilkan kandungan yang tinggi antioksidan, yang sangat penting dan berguna untuk upaya peningkatan kesuburan dalam program kehamilan, khususnya memudahkan sperma berenang lebih cepat.

– Lemak sehat, seperti yang ada di kanola, zaitun, dan minyak flaxeed, alpukat, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Pilih ini, sebanyak mungkin, lebih lemak jenuh demi kesuburan serta demi kesehatan kita. Satu lemak terutama berfokus pada omega-3, seperti kacang – terutama kenari – , biji rami, salmon dan omega-3 telur.

4. Letupan vitamin prenatal

Tidak ada diet sehat pra kehamilan yang lengkap tanpa suplemen prenatal yang dikemas dengan asam folat dan lainnya, yang penting baik untuk nutrisi bagi program kehamilan. Vitamin prenatal inilah yang kemungkinan diharapkan untuk membawa kita bertemu dengan harapan dengan terpacu memiliki bayi yang sehat dan normal sebelum sel telur bertemu sperma.

Studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi suplemen vitamin prenatal sebelum hamil, bahkan satu tahun kehamilan, akan menurunkan risiko kelahiran premature. Selain itu juga bermanfaat untuk menurunkan risiko bayi kita cacat saraf-tabung dan mengurangi gejala kehamilan berupa morning sickness.

Mengapa kita masih membutuhkan vitamin prenatal bila kebutuhan nutrisi terbaik kita telah tersedia dan tercukupi. Suplemen dapat menjadi cara yang paling realistis untuk mengisi kekosongan nutrisi setelah perombakan kebiasaan makan kita dan melakukan diet sehat pra kehamilan. Jadi seolah-olah vitamin ini sebagai asuransi kesehatan bagi kita dan calon bayi kita.

Diet ini sepertinya memberikan pengharapan yang lebih besar bagi pasangan baru ataupun pasangan yang telah mendambakan kehadiran anak. Totalitas untuk melaksanakannya sangat diperlukan agar dapat diperoleh manfaat yang sebesar-besarnya dari Diet Sehat Pra Kehamilan.

==================

Tags: makanan sehat untuk ibu hamil, makanan untuk ibu hamil, ibu hamil, makanan ibu hamil, makanan sehat ibu hamil, hamil sehat, makanan sehat untuk ibu hamil muda, makanan untuk ibu hamil muda, makanan ibu hamil muda, nutrisi untuk ibu hamil, makanan agar cepat hamil, pantangan ibu hamil, nutrisi ibu hamil, makanan yang baik untuk ibu hamil, tips sehat ibu hamil, makanan bergizi untuk ibu hamil, tips ibu hamil, menu sehat ibu hamil, makanan sehat buat ibu hamil, ibu hamil muda, makanan buat ibu hamil, tips hamil sehat, makanan untuk ibu mengandung, makanan sehat ibu hamil muda, vitamin agar cepat hamil, asupan gizi ibu hamil, makanan untuk cepat hamil, makanan supaya cepat hamil, gizi untuk ibu hamil, makanan sehat agar cepat hamil, ibu hamil sehat, makanan baik untuk ibu hamil, makanan cepat hamil, menu ibu hamil, orang hamil, makanan hamil muda,

Related For Diet Sehat Pra Kehamilan