Menu

Daftar Sayuran Yang Baik Untuk Ibu Hamil dan Janin

Agustus 17, 2015 | Hamil, JadiSehat | 7.554 Pengunjung

Ibu hamil harus mencukupi kebutuhan nutrisinya, salah satunya yaitu dengan konsumsi sayuran yang banyak mengandung vitamin serta mineral. Vitamin dan mineral sangat diperlukan ibu hamil untuk kepentingan pertumbuhan, serta perkembangan bayi yang ada di dalam kandungannya. Berikut beberapa sayuran yang baik untuk ibu hamil:

Daftar Sayuran Yang Baik Untuk Ibu Hamil dan Janin

1. Labu siam
Labu siam adalah sayuran umum yang banyak ditemukan di Indonesia. Sayuran ini dapat tumbuh di lingkungan sekitar. Ibu yang sedang hamil dianjurkan konsumsi labu siam karena banyak sekali manfaat dan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Labu siam mengandung asam folat yang sangat berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan si janin, asa folat ini dapat mencegah bayi terlahir cacat.

Ibu hamil yang susah buang air besar sebaiknya konsumsi labu siam. karena labu siam mengandung serat yang dapat melancarkan pencernaan. Bahkan banyak orang percaya bahwa labu siam ternyata dapat mencegah timbulnya kanker. Sayuran yang baik untuk ibu hamil ini mengandung kalium yang tinggi yang berguna untuk menurunkan tekanan darah.

Labu siam juga sangat aman di konsumsi penderita diabetes dan seseorang yang sedang diet. Labu siam mengandung karbohidrat yang dapat mengenyangkan, jadi tidak usah makan nasi banyak untuk kenyang cukup makan labu siam saja.

2. Kedelai Jepang
Kedelai jepang mengandung senyawa fitoestrogen yang dapat menjauhkan seseorang dari osteoporosisi. Selain itu, kedelai jepang atau yang disebut dengan edame mengandung zat besi, protein, kalium, magnesium, fosfor, riboflavin, dan vitamin K serta vitamin C. Dengan kandungannya tersebut kedelai jepang dapat memberikan asupan yang cukup untuk ibu hamil. Protein yang ada dalam kedelai jepang juga sangat tinggi, bahkan dapat setara dengan kandungan protein yang ada pada daging, ikan, dan ayam.

Baca Juga :   20 Manfaat Mengejutkan Kopi Bagi Kesehatan, Bagian Pertama

3. Kentang
Kentang adalah sayuran yang baik untuk ibu hamil yang dapat dibuat menjadi berbagai masalah. Mulai dari yang manis, asin, hingga yang pedas sekali pun. Kentang atau yang memiliki namasolanumtuberosum ini mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk ibu

hamil. Kentang dapat melancarkan pencernaan pada ibu hamil, karena teksturnya yang lembut kentang dapat dicerna dengan mudah oleh organ pencernaan. Oleh sebab itu ibu hamil yang sedang sembelit sebaiknya konsumsi kentang, akan tetapi jangan berlebihan.

Kentang yang mengandung karbohidrat ini ternyata mampu menurunkan berat badan. Kentang dapat menggantikan fungsi nasi sebagai pengganti karbohidrat, ibu hamil yang ingin menurunkan kelebihan berat badan karena kehamilan, bisa konsumsi kentang karena sangat mengenyangkan. Konsumsi kentang juga dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung ,karena kentang mengandung karotenoid yang dapat menjaga kesehatan jantung.

Kentang mengandung serat alami yang sangat baik untuk membantu meningkatkan produksi insulin dan menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Selain itu kentang juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi karena mengandung vitamin B, dan vitamin C.

4. Daun Katuk
Ibu hamil pasca melahirkan dianjurkan untuk konsumsi daun katuk, karena daun katuk dapat memperlancar ASI yang keluar. Daun katuk juga mengandung zat besi, protein, kalium, alkaloid, fosfor, seskuiterna, sterol serta vitamin A, B1, dan vitamin C.

5. Kacang Hijau
Kacang hijau mengandung asam folat, vitamin B1, fosfor, protein, magnesium, kalium, mangan, dan tiamin. Kandungan asam folat yang tinggi pada kacang hijau dapat mencegah bayi terlahir cacat, dan membantu perkembangan saraf janin. Sayuran lainyang baik untuk ibu hamil yang juga mengandung asam folat adalah bayam, brokoli, kacang kedelai, dan yang lainnya.

Baca Juga :   5 Penyebab Terjadinya Keguguran Berulang Saat Hamil

Demikianlah beberapa sayuran yang baik untuk ibu hamil. Konsumsilah setiap hari, agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Related For Daftar Sayuran Yang Baik Untuk Ibu Hamil dan Janin