Menu

Ciri ciri Umum Demam Berdarah Dengue

Agustus 6, 2016 | Penyakit Dalam | 408 Pengunjung

Demam berdarah dengue merupakan penyakit musiman yang sangat sering menyerang masyarakat Indonesia. Penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aides Aegypti ini bisa menyerang siapa saja, tak kenal usia maupun gender. Oleh karena itu, untuk tahap pencegahan dan perlindungan, ada baiknya kita mengetahui apa saja ciri demam berdarah dengue.

Di Indonesia, demam berdarah sudah menjadi momok berkepanjangan bagi masyarakat. Penyakit ini sangat mudah ditemui. Dalam waktu-waktu tertentu, jumlah penderitanya bisa membludak secara signifikan. Tak heran jika pasti selalu ada pasien yang menderita penyakit demam berdarah di rumah sakit.

ciri demam berdarah dengue

Jangan remehkan begitu saja penyakit yang biasa disebut dengan DBD ini. Karena jika penderita tak ditangani dengan cepat bisa berakibat fatal, yaitu kematian. Sudah banyak korban meninggal akibat penyakit demam berdarah dengue ini. Oleh karenanya, kita harus mengetahui gejala awal atau ciri dari penyakit satu ini.

Ciri Ciri Demam Berdarah Dengue

Lalu, apa sajakah ciri demam berdarah dengue? Berikut ini beberapa hal yang bisa dijadikan indikator atau ciri dari penyakit demam berdarah dengue.

  1. Demam Tinggi

Salah satu ciri yang paling umum dan selalu dialami oleh para penderita demam berdarah adalah demam yang sangat tinggi dan berkepanjangan. Penderita biasanya mengalami demam yang berlangsung hingga seminggu lebih. Hal ini dikarenakan terganggunya peredaran darah dalam tubuh. Jika mengalami demam tinggi yang berlangsung selama tiga hari lebih, segera bawa ke rumah sakit. Di tahap ini, penanganan cepat memang sangat diperlukan.

2. Bintik Merah pada Tubuh

Munculnya bintik-bintik merah pada tubuh juga bisa menjadi indikator dari penyakit demam berdarah. Pada umumnya, bintik-bintik merah yang ukurannya kecil akan muncul pada tubuh penderita demam berdarah. Biasanya bintik merah tersebut muncul pada bagian tangan, kaki dan juga badan. Namun yang perlu diketahui adalah, tidak semua penderita demam berdarah mengalami gejala ini.

3. Sering Muntah

Peredaran darah yang terganggu membuat sistem pencernaan juga ikut terganggu. Penderita demam berdarah akan mengalami gejala muntah-muntah. Hal itu disebabkan oleh virus yang menjangkiti tubuh sudah mulai bereaksi. Selain itu, penderita juga akan kehilangan nafsu makan yang cukup ekstrem.

4. Cepat Lelah

Penderita demam berdarah biasanya akan mudah lelah dan mengeluhkan sakit pada persendiannya. Hal ini juga disebabkan oleh virus yang sudah mulai menjangkiti bagian persendian. Hal ini akan berdampak pada hal-hal lain seperti kepala pusing, detak jantung meninggi dan perasaan gelisah yang berlebihan.

Itu tadi beberapa ciri demam berdarah dengue secara umum. Mengetahui ciri atau gejala awal dari penyakit mematikan ini memang sangat diperlukan. Dengan lebih mengenal penyakit demam berdarah ini, diharapkan tindakan pencegahan dan juga penanganan bisa dilakukan lebih maksimal. Jaga terus kondisi badan Anda dan juga jaga lingkungan sekitar Anda agar terhindar dari penyakit demam berdarah dengue.

Related For Ciri ciri Umum Demam Berdarah Dengue