Ciri Ciri Demam Berdarah pada Anak

Ciri Ciri Demam Berdarah pada Anak

Demam berdarah memang menjadi penyakit yang sering menyerang anak kecil. Penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk aides aegypti ini sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kematian. Oleh karena itu, kita sebagai orang tua hendaknya mengetahui ciri- ciri demam berdarah pada anak.

Tiap tahun, jumlah penderita demam berdarah dari kategori anak kecil di Indonesia tak pernah berkurang. Kematian yang disebabkan oleh penyakit ini juga sangat banyak. Tak heran jika dalam waktu-waktu tertentu beberapa daerah di Indonesia memberlakukan status kejadian luar biasa terhadap penyakit ini.

ciri demam berdarah pada anak

Sebagai orang tua kita tentu tak mau melihat buah hati kesayangan kita menderita penyakit berbahaya ini. Maka dari itu, kita harus jeli dan tanggap dalam mengenali berbagai macam gejala dari penyakit demam berdarah. Dengan begitu, kita bisa melakukan tindakan pencegahan serta pengobatan dengan cepat dan tepat.

Ada beberapa gejala atau ciri-ciri umum dari penyakit demam berdarah pada anak. Ciri-ciri ini bisa dibilang menjadi gejala umum dari penyakit tersebut. Berikut ini beberapa ciri-ciri penyakit demam berdarah pada anak yang bisa kita ketahui dengan mudah.

1. Demam Tinggi

Gejala atau ciri awal dari penyakit demam berdarah adalah demam yang sangat tinggi selama beberapa hari. Akibat hemoglobin yang menurun drastis, anak penderita demam berdarah akan mengalami demam yang cukup menyiksa. Jika demam pada anak tak kunjung sembuh dalam waktu seminggu, maka hampir bisa dipastikan jika anak tersebut mengalami demam berdarah.

2. Munculnya Bintik-bintik Merah pada Kulit

salah satu ciri penyakit demam berdarah yang mudah dikenali secara kasat mata adalah munculnya bintik-bintik merah pada kulit. Bintik-bintik tersebut biasanya menyebar dari bagian tangan, tubuh hingga bagian kaki. Jika Anda melihat ciri-ciri ini pada anak Anda, segeralah bawa ke dokter untuk diperiksa.

3. Mimisan

Keluarnya darah dari bagian hidung juga bisa dikategorikan sebagai ciri-ciri umum demam berdarah pada anak. Tak hanya dari hidung, anak penderita demam berdarah juga akan mengeluarkan darah dari bagian gusi mereka. Jadi, jangan sepelekan begitu saja gejala mimisan pada anak kita.

4. Sakit pada Tulang dan Persendian

Jika buah hati Anda mengeluhkan gampang pegal dan nyeri pada beberapa bagian tubuh, bisa jadi itu adalah gejala awal dari demam berdarah. Penyakit demam berdarah memang membuat para penderitanya mengalami pegal-pegal pada bagian tulang dan juga persendian. Hal itulah yang membuat penderita demam berdarah, khususnya pada anak-anak sering merasa cepat lelah.

Itu tadi beberapa ciri- ciri demam berdarah pada anak yang bisa kita deteksi dengan mudah. Jika anak Anda mengalami gejala-gejala di atas, segeralah pergi ke dokter. Jika tak segera diberikan penanganan khusus, demam berdarah bisa berakibat fatal. Jaga selalu kondisi dan kebersihan lingkungan sekitar agar anak kita terbebas dari penyakit demam berdarah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *