Menu

Cara Senam Untuk Ibu Hamil 9 Bulan

Agustus 26, 2016 | Kebugaran, Kehamilan | 870 Pengunjung

Cara Senam Ibu Hamil 9 Bulan – Ketika usia kehamilan sudah menginjak 9 bulan tentu ini juga turut menjadi langkah yang penting bagi seorang ibu hamil didalam menyiapkan persalinannya. Ada banyak cara senam untuk ibu hamil yang dapat dilakukan.

 Cara Senam Ibu Hamil 9 Bulan

Dan satu hal yang Anda perlu ingat bahwa didalam ibu hamil melakukan cara senam harus disesuaikan bersama usia kandungannya. Termasuk ibu hamil yang usia kehamilannya sudah menginjak usia 9 bulan tentunya cara senam yang bisa dilakukan akan berbeda dengan ibu hamil yang masih berada pada usia kandungan 5 atau 6 bulan. Lalu seperti apa cara senam ibu hamil yang sangat tepat untuk ibu hamil yang usia kandungannya sudah menginjak 9 bulan? Kami akan berikan informasinya untuk Anda disini!

Cara Senam Ibu Hamil 9 Bulan

Gerakan senam yang dilakukan ibu hamil yang usia kandungannya sudah menginjak 9 bulan ini adalah cara senam yang dikhususkan untuk mempersiapkan proses persalinan supaya nantinya proses persalinan berjalan dengan lancar. Dan beberapa cara senam ibu hamil 9 bulan yang Anda dapat coba lakukan diantaranya :

  • Mulai senam dengan duduk bersila

Pertama – tama Anda perlu memulai senam dengan duduk yang posisinya bersila. Anda posisikan juga supaya punggung tegak dan kedua tangan Anda diletakkan pada bagian diatas paha seperti gerakan meditasi ketika Anda sedang melakukan senam yoga. Anda bisa atur nafas, Anda hirup dan keluarkan secara perlahan – lahan. Anda bisa lakukan gerakan senam yang satu ini beberapa kali dengan ritme yang teratur. Gerakan yang satu ini dapat melatih pernapasan ketika nantinya ibu hamil sedang menghadapi persalinan.

  • Cara senam posisi merangkak

Didalam melakukan gerakan senam yang posisinya merangkak upayakan Anda posisikan tubuh tegak lurus dan upayakan badan Anda sejajar dengan lantai. Anda bisa tundukkan kepala sampai mata dapat melihat perut Anda kemudian Anda angkat pinggang, Anda kempiskan perut dan kerutkan dubur. Anda bisa lakukan gerakan yang seperti ini dengan repetisi sebanyak 8 kali.

Selanjutnya kalau sudah selesai, masih sama dengan yang diatas, Anda letakkan kepala dan leher di lantai yang bertumpu pada punggung dan tangan Anda di lantai. Selanjutnya Anda tarik nafas dengan mulut yang terbuka kemudian Anda tutup mulut dan lakukan gerakan mendorong seperti ketika Anda mengejan BAB. Gerakan yang satu ini dapat berfungsi ketika melatih ibu hamil mengejan di waktu persalinan.

  • Cara senam posisi jongkok

Untuk gerakan senam yang satu ini merupakan gerakan senam yang simple untuk ibu hamil 9 bulan. Gerakan senam ini diawali dengan posisi berdiri tegak kemudian jongkok secara perlahan dengan posisi punggung upayakan tetap tegak.

Anda bisa tahan posisi jongkok ini kurang lebih 10 menit dan Anda bisa berdiri lagi secara perlahan. Gerakan yang satu ini berguna untuk membantu memperkuat otot paha dan juga dapat membantu didalam meregangkan otot pada area panggul.

  • Cara senam posisi kupu – kupu

Untuk cara senam posisi yang satu ini pertama – tama Anda ambil posisi duduk diatas matras kemudian posisikan punggung Anda tegak lurus dengan dinding. Setelah itu kedua telapak kaki Anda saling menyentuh di depan dengan rapat. Anda bisa gunakan bantuan tangan untuk menyatukan dan kemudian lutut Anda dorong untuk menyentuh lantai. Anda bisa lakukan gerakan ini berulang – ulang sekitar 20 detik. Gerakan yang satu ini sangat berfungsi untuk membantu Anda melatih otot paha dan dapat menghilangkan nyeri pada punggung selama Anda hamil di usia kandungan 9 bulan.

Demikian sedikit informasi yang kali ini bisa kami berikan untuk Anda. Semoga informasi yang kami berikan diatas mengenai Cara Senam Ibu Hamil 9 Bulan bermanfaat.

Related For Cara Senam Untuk Ibu Hamil 9 Bulan