Menu

Cara Senam Hamil Tujuh Bulan yang Tepat

Agustus 18, 2016 | Kebugaran, Kehamilan | 333 Pengunjung

Wanita hamil memang harus senantiasa menjaga kandungannya akan tetapi bukan berarti wanita yang hamil harus berdiam diri di rumah tanpa melakukan apapun. Disarankan juga wanita yang sedang hamil melakukan gerakan – gerakan senam. Apakah aman?

cara senam hamil

Ya, ketika bicara tentang gerakan senam wanita hamil memang banyak yang bertanya soal aman tidaknya. Sebenarnya cara senam wanita hamil itu ada beberapa metode dan didasarkan pada berapa usia kandungan ibu hamil. Dengan begini dapat dipastikan bahwa cara senam hamil untuk wanita yang mengandung usia tujuh bulan pastinya berbeda dengan usia senam hamil untuk wanita yang mengandung usia 9 bulan. Dan kali ini kami akan berikan informasi lengkapnya seperti apa cara senam hamil tujuh bulan yang tepat dilakukan. Langsung saja simak informasi lengkapnya berikut ini ya!

Cara Senam Hamil Tujuh Bulan yang Tepat

Bagi Anda yang ingin tahu seperti apa cara senam hamil untuk wanita yang mengandung usia tujuh bulan, ada beberapa cara yang Anda dapat coba lakukan. Beberapa cara senam hamil untuk wanita hamil tujuh bulan yang sangat disarankan kami uraikan di bawah ini.

  • Senam di ruang keluarga

Sesuai dengan namanya, cara senam yang satu ini juga dapat Anda lakukan ketika Anda sedang bersantai di ruang keluarga Anda. Gerakan senam yang satu ini memiliki tujuan yaitu untuk melatih otot punggung Anda supaya nanti dapat menyeimbangkan tubuh karena semakin tua usia kehamilan tentu ukuran perut ibu hamil juga akan semakin besar. Gerakan senam di ruang keluarga ini juga cukup sederhana. Pertama Anda angkat kaki kanan Anda dengan posisi lurus ke arah belakang. Kemudian Anda luruskan dengan lengan kiri ke arah depan. Upayakan Anda posisi punggung lurus dan siku Anda juga tidak dalam posisi terkunci. Anda tahan posisi ini sampai delapan hitungan kemudian Anda lakukan gerakan yang sama dengan kaki dan juga dengan lengan Anda. Anda coba lakukan gerakan senam ini beberapa kali.

  • Senam hamil dengan posisi duduk
Baca Juga :   Ciri Ciri Ibu Hamil Bayi Laki Laki

Gerakan senam hamil selanjutnya dapat Anda lakukan dengan posisi duduk. Pertama Anda buat tubuh duduk dengan posisi yang tegak dan nyaman. Anda duduk di lantai atau diatas karpet serta bukan diatas kursi. Kemudian Anda rentangkan kedua kaki selebar yang Anda mampu. Akan tetapi Anda upayakan agar posisi punggung tetap tegak. Dan selanjutnya Anda condongkan tubuh ke arah depan seraya Anda jatuhkan lengan ke lantai di depan Anda. Anda bisa rasakan relaksasi dan juga peregangan pada otot punggung dan paha Anda bagian dalam. Anda bisa tahan gerakan ini dalam beberapa detik.

  • Senam hamil dengan posisi tidur

Untuk gerakan senam hamil yang satu ini Anda dapat coba lakukan dengan posisi tidur terlentang. Akan tetapi kali ini Anda butuh kursi untuk membantu senam yang Anda lakukan. Pertama Anda awali dengan posisikan tubuh Anda tidur terlentang kemudian cari posisi yang memang menurut Anda sangat nyaman. Setelah itu Anda angkat kedua kaki dan Anda letakkan diatas kursi. Tetapi upayakan untuk Anda pastikan punggung tetap menempel pada lantai atau diatas karpet. Kemudian angkat bokong dan tumpuan upayakan Anda alihkan ke siku tangan. Upayakan untuk Anda lakukan gerakan senam ini delapan kali sehari di waktu luang Anda supaya hasilnya juga maksimal untuk tubuh dan janin Anda.

Demikian sedikit informasi yang kali ini bisa kami berikan untuk Anda. Semoga informasi diatas mengenai Cara Senam Hamil Tujuh Bulan yang Tepat bermanfaat.

Related For Cara Senam Hamil Tujuh Bulan yang Tepat