Menu

Mom, Ini lho Cara Nyaman untuk Tidur Saat Hamil

Januari 31, 2017 | Hamil, JadiSehat | 525 Pengunjung

Cara Nyaman untuk Tidur Saat Hamil – Pada wanita mengalami proses kehamilan, tubuh harus mengalami banyak penyesuaian seperti mudah gerah yang menyebabkan susah tidur karena perut semakin membesar sehingga membuat tidur tidak nyaman. Padahal sebagai calon ibu sangat diperlukan untuk tidur cukup, berkualitas dan nyaman. Kami akan memberikan beberapa tips untuk mengurangi resiko tidak nyaman ketika  tidur, inilah informasinya:

  1. Mandi dengan air hangat, jika wanita hamil mandi dengan air hangat ketika hendak tidur maka akan membantu pelancaran aliran darah dalam tubuh sehingga membuat tidur lebih nyenyak.pakailah sabun dengan aroma lavender sehingga memberikan efek lebih rileks.
  2. Atur posisi tidur, untuk posisi tidur yang nyaman, letakkanlah bantal dibawah perut, dibelakang punggung atau diantara kaki. Bantal akan meringankan tekanan pada perut sehingga membuat tidur lebih nyaman. Pilihlah bantal yang tepat, lembut, tidak terlalu keras dan terlalu empuk. Untuk posisinya tinggikan bantal agar mengurangi nyeri di ulu hati.
  3. Perbanyaklah minum air putih, hal ini untuk menghindari dari dehidrasi atau kekuramgan cairan sehingga tidur lebih lelap. Namun, jangan minum air putih sebelum tidur karena akan membuat sering buang air kecil sehingga tidur terganggu.
  4. Makanlah yang cukup, jangan makan di malam hari karena jika terlalu knyang akan membuat sakit perut dan menganggu tidur.
Cara Nyaman untuk Tidur Saat Hamil

Cara Nyaman untuk Tidur Saat Hamil

Posisi tidur untuk wanita hamil janganlah dianggap remeh, janin yang semakin membesar pasti membuat posisi tidur wanita hamil jadi serba salah. Posisi yang salah bias menimbulkan masalah kesehatan lho bun, seperti: meningkatnya tekanan darah, nyeri otot, mendengkur dan pembengkakan kaki. inilah posisi tidur wanita hamil yang baik kami sarankan, seperti:

  1. Tidur terlentang, apabila usia kehamilan memasuki trimester kedua terutama bulan kelima, bunda tidak diperbolehkan tidur dengan posisi terlentang karena dapat menekan pembuluh darah, menghambat peredaran darah vena ke tubuh Anda serta bayi Anda, memicu pembengkakanbagian tubuh yang berfungsi membawa darah ke jantung.
  2. Untuk posisi yang disarankan para ahli adalah menyamping ke kiri, agar memperlancar sirkulasi darah menuju rahim, janin, jantung, dan ginjal. Disamping hal tersebut dapat mengurangi pembengkakan pada kaki dan tangan.
  3. Apabila wanita hamil sulit untuk tidur nyenyak sangatlah wajar, biasanya yang sering dialami adalah sesak nafas, kram kaki, sakit punggung, meningkatnya detak jantungm konstipasi, dsb. Agar membantu bunda mendapatkan tidur yang berkualitas, inilah beberapa langkah yang mungkin bias membantu: janganlah olahraga berat menjelang tidur, jadwalkan waktu tidur dan bangun di waktu yang sama agar rutin, janganlah minum minuman yang mengandung kafein seperti the, kopi dan minuman bersoda, agar badan rileks minumlah susu yang dicapur madu, ikutlah program senam hamil secara rutin,
  4. Selain itu Anda harus memastikan terpenuhinnya kebutuhan kalsium agar terhindar dari kram kaki, konsumsi makanan mengandung nutrisi tinggi seperti buah dan sayur.

Demikianlah informasi yang dapat kami berikan, semoga dapat dijadikan pedoman untuk mengatasi keluhan tidur saat hamil.

Related For Mom, Ini lho Cara Nyaman untuk Tidur Saat Hamil