Menu

Cara Merawat Rambut Rebonding Agar Tetap Lurus Lembut

November 24, 2016 | JadiSehat, Tips Kecantikan | 1.857 Pengunjung

Rebonding adalah mengubah rambut dari keriting/ikal menjadi lurus, yang biasanya dilakukan di salon kecantikan. Efek negatif dari rebonding akibat bahan-bahan kimiawi yang digunakan yaitu rambut jadi berwarna merah, kasar dan bercabang. Sehingga untuk mempertahankan bentuk indah hasil rebonding tadi perlu perawatan lanjutan dengan shampo khusus, digunakan hair mask, hair tonic dan sebagainya.

cara merawat rambut rebonding agar tetap lurus dan lembut-menjadi sehat

Memiliki rambut lurus dan berkilau memang dambaan semua wanita, khususnya bagi wanita Indonesia yang memiliki tekstur rambut ikal dan tebal. Hal ini memang banyak dipengaruhi oleh persepsi orang Indonesia akan rambut indah yang sudah mengakar, seperti layaknya sebuah nilai budaya. Menurut mereka, rambut yang indah itu adalah rambut yang lurus, lembut, panjang, terlihat natural, dan sehat. Dengan rambut lurus, penampilan jadi semakin nampak terlihat muda dan segar. Kebutuhan untuk memiliki rambut lurus juga didukung oleh mudahnya perawatan yang dilakukan. Rambut lurus tidak membutuhkan perawatan dan styling yang sukar seperti banyak model rambut yang lain.

Karena sejumlah alasan seperti itulah, hampir sebagian besar wanita Indonesia pernah meluruskan rambutnya dengan berbagai macam teknik. Seiring dengan perkembangan teknologi kecantikan, teknik-teknik pelurusan rambut sekarang mengalami perkembangan yang pesat sekali. Salah satu teknik pelurusan tersebut yang paling sering dikenal adalah teknik rebonding.

Rebonding sebenarnya adalah sebutan untuk teknik pelurusan lanjut yang memberikan hasil lebih indah pada rambut. Kata rebonding ini sendiri berasal dari dua kata yakni re yang berarti membangun kembali, dan bonding yang berarti ikatan. Dengan teknik rebonding, ikatan silang rambut, yang memegang peranan penting dalam pembentukan rambut, dipisahkan. Lalu setelah itu, ikatan silang dibangun kembali berpasang-pasangan untuk mendapatkan bentuk rambut yang lurus. Setelah proses rebonding (pasca rebonding), dibutuhkan perlakuan/treatment khusus untuk merawat rambut tersebut agar kesehatan rambut rebonding tetap terjaga.

Baca Juga :   Resep Membuat Bubur Tim Untuk Bayi Usia 6 Bulan

tips merawat rambut rebonding agar tidak rontok dan tetap lurus lembut-menjadi sehat

Cara Perawatan Rambut Pasca Rebonding agar rambut tetap lurus dan lembut

  1. Jangan keramas rambut hingga 3-5 hari usai rebonding, hal ini dilakukan agar efek obat pelurusan tidak cepat hilang. Semakin lama rambut tidak tekena air setelah proses, semakin bagus hasilnya. Tergantung pada tahannya kulit kepala untuk tidak dikeramas.
  2. Setelah itu, lakukan bilas rambut yang pertama kali menggunakan masker atau hair mask, agar sisa-sisa zat kimia meluntur.
  3. Gunakanlah kondisioner sehabis keramas sehari-hari, khususnya di bagian ujung rambut yang gampang mengering agar rambut tidak mudah kering dan bercabang.
  4. Gunakanlah sisir yang bergigi jarang agar rambut tidak mudah rontok.
  5. Pakailah vitamin rambut secara rutin agar rambut selalu lembab.
  6. Jangan mengikat rambut atau menjepitnya terlalu kuat, karena akan meninggalkan bekas bergelombang yang susah untuk diluruskan kembali.
  7. Lakukanlah masker rambut atau hairmask secara rutin 2-3 minggu sekali, karena rambut yang sudah terkena bahan kimia butuh perawatan ekstra.

Referensi:
Fitriyanti, R.A. (2010). Perilaku Perempuan Pelaku Rebonding Rambut
dalam Kaitannya dengan Stratifikasi Sosial di Kota Surakarta
. Surakarta: UNS.

Semoga artikel mengenai cara merawat rambut rebonding agar tetap lurus dan lembut dapat bermanfaat bagi anda.

Salam Menjadi Sehat.

Related For Cara Merawat Rambut Rebonding Agar Tetap Lurus Lembut