Menu

Cara Menyembuhkan Sariawan di Lidah

Agustus 20, 2016 | JadiSehat | 441 Pengunjung

Sakit sariawan bisa terjadi kapan saja tanpa diduga-duga. Meskipun tidak begitu berbahaya atau mematikan seperti penyakit jantung atau kanker, serangan sariawan bisa sangat menyiksa. Apalagi jika sariawan tersebut muncul di bagian lidah kita. Tapi tidak perlu khawatir. Ada beberapa cara menyembuhkan sariawan di lidah yang bisa kita coba.

Cara Menyembuhkan Sariawan di Lidah

Sariawan merupakan penyakit radang yang menyerang pipi bagian dalam. Sariawan biasanya berbentuk bintik kecil yang warnanya putih. Meskipun kecil, keberadaan sariawan tersebut bisa sangat mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Selain menyerang pipi bagian dalam, sariawan juga bisa muncul di bagian bibir maupun lidah.

Dalam bahasa medis, penyakit sariawan disebut juga dengan stomatis. Salah satu penyebab utama munculnya penyakit ini adalah kurangnya asupan vitamin C pada tubuh. Oleh karena itu, jika tidak ingin terserang penyakit ini, kita harus rajin-rajin mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C.

Cara Menyembuhkan Sariawan di Lidah

Lalu, apa saja hal yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan sariawan di bagian lidah? Berikut ini beberapa cara menyembuhkan sariawan di lidah dengan sederhana.

  • Air Garam

Cara yang paling mudah dan sederhana untuk menghilangkan sariawan yang muncul pada lidah adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Cara pembuatannya pun cukup mudah. Siapkan satu gelas air dan 1 sendok teh garam. Aduk kedua bahan tersebut hingga tercampur. Jika sudah tercampur, kita tinggal berkumur-kumur selama kurang lebih 1 menit. Berkumur dengan air garam bisa dibilang cukup ampuh untuk mengatasi sariawan pada lidah.

  • Baking Soda

Bahan yang biasa digunakan untuk membuat kue ini ternyata bisa dipilih untuk mengobati sariawan pada lidah. Kandungan yang ada pada baking soda mampu membunuh bakteri-bakteri penyebab sariawan. Caranya, oleskan baking soda yang sudah dicampur dengan sedikit air ke bagian lidah yang terserang sariawan.

  • Air Kelapa

Air kelapa muda juga bisa menjadi alternatif untuk menyembuhkan sariawan pada lidah kita. Kandungan yang ada pada air kelapa memang sangat berkhasiat untuk mengobati sariawan, terutama sariawan di bagian lidah. Bisa dibilang, mengkonsumsi air kelapa adalah cara yang paling cepat untuk menyembuhkan sariawan di lidah. Ditambah, rasa yang segar dari air kelapa tentu sangat enak untuk dinikmati.

  • Minum Vitamin

Seperti yang sduah disebutkan di awal, penyebab utama dari sariawan adalah kurangnya asupan vitamin C pada tubuh. Oleh karena itu, kita harus sering mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung banyak vitamin C. Jika sudah terlanjur terkena sariawan, kita bisa memakai jalan pintas dengan mengkonsumsi vitamin atau multivitamin sekaligus.

Itu tadi beberapa metode atau cara menyembuhkan sariawan di lidah yang bisa kita coba sendiri. Agar tidak terkena serangan sariawan, kita harus sering-sering mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung vitamin C. Jaga terus kesehatan kita agar selalu terhindar dari berbagai macam jenis penyakit berbahaya.

Related For Cara Menyembuhkan Sariawan di Lidah