Cara Mengobati Sakit Mata pada Bayi dengan Cara Alami

Cara Mengobati Sakit Mata pada Bayi dengan Cara Alami

Seorang bayi atau balita memang sangat rentan sekali terhadap berbagai macam penyakit. Daya tahan tubuh yang belum stabil membuat banyak penyakit yang bisa menghampiri buah hati kita. Salah satu penyakit yang rentan menimpa seorang bayi adalah penyakit mata. Sebagai orang tua kita harus mengetahui cara mengobati sakit mata pada bayi kita.

Sakit mata pada bayi memang suatu hal yang cukup mengkhawatirkan. Dengan usia yang masih sangat muda, penanganan harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Biasanya, sakit mata pada bayi bisa dideteksi lewat penampakan mata bayi itu sendiri. Bayi yang mengalami sakit pada matanya cenderung memiliki mata yang abnormal.

Cara Mengobati Sakit Mata pada Bayi

Jika sudah mengetahui tentang adanya kelainan pada mata buah hati kita, segeralah periksakan bayi kita tersebut ke dokter. Yang perlu diperhatikan adalah, jangan langsung membawa anak ke dokter mata, tapi ke dokter anak terlebih dahulu. Dengan begitu proses penyembuhan bisa berlangsung secara baik dan sesuai prosedur.

Cara Mengobati Sakit Mata pada Bayi

Lalu bagaimana cara mengatasi sakit mata yang diderita oleh bayi kita? Ada beberapa pilihan, lewat pengobatan medis maupun pengobatan alami. Berikut ini adalah beberapa cara mengobati sakit mata pada bayi kita.

1. Menggunakan Kapas

Gejala sakit mata pada bayi jenisnya cukup bermacam-macam, salah satunya adalah gangguan belekan. Jika bayi Anda menderita belekan, kita bisa menggunakan kapas basah untuk membersihkannya. Belekan terjadi karena menumpuknya kotoran pada mata bayi. Jika belekan tak kunjung sembuh, ada baiknya untuk membawa bayi kita ke dokter.

2. Biji Kemangi pencegah Katarak

Bayi juga sangat berpotensi untuk mengalami mata katarak. Namun jangan panik karena ada bahan atau obat alami yang bisa digunakan untuk menangkalnya, yaitu biji kemangi. Cara penggunaannya pun juga cukup mudah. Ambil beberapa buah biji kemangi dan sematkan pada sekitar mata bayi kita yang sedang tertidur. Keesokan paginya saat bayi tertidur, kotoran penyebab katarak bisa terangkat dengan baik.

3. Embun Dedaunan

Embun yang ada pada daun di pagi hari juga bisa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah pada bayi kita. Ambil embun dedaunan di pagi hari, lalu teteskan pada mata bayi kita yang bermasalah. Kandungan embun pada dedaunan memang memiliki banyak khasiat untuk menyembuhkan gangguan pada mata, termasuk pada mata bayi.

4. Air Rendaman Daun Sirih

Daun Sirih juga bisa dijadikan pilihan untuk mengatasi gangguan mata bayi kita. Cara membuatnya pun mudah, rendamlah beberapa helai daun sirih ke dalam air. Setelah beberapa menit, air rendaman tersebut bisa digunakan untuk membasuh mata bayi Anda yang bermasalah.

Itu tadi beberapa cara untuk mengobati sakit mata pada bayi. Sangat disarankan untuk membawa bayi ke dokter anak ketika mengetahui ada kelainan pada mata bayi tersebut. Jaga selalu bayi kita agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang berbahaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *