Menu

Cara Mengobati Katarak Kongenital pada Bayi

November 7, 2016 | JadiSehat, Tips Sehat | 764 Pengunjung

Cara Mengobati Katarak Kongenital pada Bayi | Katarak Kongenital, gejalanya adalah Pupil mata tampak berwarna putih/ abu-abu. Katarak kongenital ini menyerang anak dengan usia < 1 tahun (bayi baru lahir/balita).

Cara Mengobati Katarak Kongenital pada Bayi

Operasi katarak dibutuhkan sesegera mungkin untuk memastikan bahwa indera pengelihatan anak dapat berkembang secara normal. Para ahli dan dokter mengatakan bahwa waktu yang tepat/optimum untuk melakukan pembedahan katarak kongenital anak adalah antara 6 minggu hingga 3 bulan sejak kelahiran bayi.

Pastikan berdiskusi terlebih dulu tentang aspek-aspek yang perlu diperhatikan, seperti kapan waktu pelaksanaan bedah katarak dengan dokter bedah mata. Rehabilitasi/ penanganan pasca-operasi dengan kaca mata, lensa kontak, atau keduanya biasanya dibutuhkan untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Pada kasus tertentu, lensa kontak yang terpasang dengan baik pada permukaan mata (kornea) anak berguna untuk mengembalikan pengelihatan setelah lensa alami diangkat dengan pembedahan. Selain itu, kaca mata dapat membantu penyembuhan penglihatan bayi dan anak sebagai pengganti dari lensa buatan atau lensa kontak.

cara mengobati katarak kongenital pada bayi-menjadi sehat

Karena agak sulit meyakinkan anak yang masih kecil untuk mau menggunakan lensa kontak, Anda sebagai orangtua dapat mencoba beberapa strategi ini:

Memakaikan lensa kontak ketika anak anda sedang tidur. Jika Anda menggunakan lensa yang dapat digunakan jangka panjang, proses pemasangan lensa ini hanya dilakukan seminggu atau sebulan sekali. Jika anak anda mau menggunakan kacamata, pastikan bahwa anda dan anggota keluarga yang lain sering memberi pujian positif tentang penampilannya. Jika Anda sebagai orangtua dan anda biasanya tidak membutuhkan kaca mata, pertimbangkan untuk berpura-pura menggunakan kaca mata normal, sehingga dapat terinspirasi/ memberi contoh anak untuk meniru Anda menggunakan kaca mata.

obat tradisional untuk menyembuhkan katarak kongenital pada bayi balita anak-menjadi sehat

Pertimbangkan penggunaan gagang kaca mata dari bahan yang lentur dan pas digunakan di belakang telinga untuk menjaga kaca mata anak anda tidak cepat rusak, hilang atau mudah terlepas. Untuk melindungi mata dari cedera yang tidak diinginkan, pasien (bayi dan anak) pasca operasi sebaiknya menggunakan kacamata hitam sampai luka akibat pembedahan katarak kongenital benar-benar sembuh.

Referensi:
Reisa, R. (2014). TA: Sistem Pakar Untuk Diagnosis Penyakit Mata (Doctoral Dissertation, STIKOM, Surabaya).

Semoga artikel mengenai cara mengobati dan menyembuhkan katarak kongenital pada bayi dan anak dapat bermanfaat bagi anda.

Salam Menjadi Sehat.

Related For Cara Mengobati Katarak Kongenital pada Bayi