Menu

Cara Menghilangkan Mata Ikan Di Telapak Kaki dan Mencagahnya Datang Kembali

Maret 20, 2017 | Kulit | 2.472 Pengunjung

Cara Menghilangkan Mata Ikan Di Telapak Kaki dan Mencagahnya Datang KembaliMata ikan atau Verruca Plantaris merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh Virus Human Papillomavirus (HPV). Anda tentu tidak asing dengan benjolan kecil diarea kaki, masyarakat mengenalnya dengan mata iwak atau mata kaki, adapun benjolan tersebut dapat muncul secara bergelombol pada satu tempat ataupun terpisah di beberapa tempat.  Sebenarnya mata ikan pada telapak kaki merupakan reaksi alami kulit dari upayanya dalam melindungi diri dari berbagai gesekan dan juga tekanan berulang dimana kondisi ini bisa menyebabkan bagian kulit mengalami penebalan dan pengerasan. Untuk bentuknya sendiri menyerupai kerucut.

cara menghilangkan mata ikan di telapak kaki

Secara umum terdapat beberapa jenis mata ikan diantaranya adalah mata ikan keras, mata ikan lunak dan mata ikan kecil. Mata ikan keras disebabkan oleh karena adanya penumpukan kulit mati pada area tertentu dan akhirnya terbentuk lapisan kulit yang keras dengan adanya inti dibagian di tengah. Sedangkan mata ikan lunak biasanya banyak ditemukan di antara kelingking dan jari manis pada kaki. Yang terakhir adalah mata ikan kecil, yaitu mata ikan yang disebabkan kerena tersumbatnya saluran keringat.

Cara Menghilangkan Mata Ikan di Telapak Kaki

Meskipun kebanyakan mata ikan menetap di telapak kaki, namun dalam beberapa kasus penyakit yang satu ini juga bisa menyerang area jari-jari kaki, tumit, tangan, jari-jari tangan, mulut dan wajah. Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, mata ikan juga bisa menimbulkan rasa sakit khususnya saat melangkah, itulah sebabnya beberapa orang berusaha untuk mencari pengobatan untuk menghilangkan penyakit ini. Lalu apa sebenarnya yang bisa menyebabkan mata ikan dan bagaimana pula cara menghilangkan mata ikan di telapak kaki?

  • Cara Menghilangkan Mata Ikan di Telapak Kaki dengan Mengujungi Dokter Spesialis

Dewasa ini ada beberapa cara menghilangkan mata ikan di telapak kaki dan salah satunya adalah dengan mengkonsultasikan masalah Anda kepada dokter spesialis kulit. Adapun tindakan yang dilakukan mulai dari meresepkan obat-obatan tertentu termasuk antibiotik untuk mencegah infeksi hingga operasi. Dengan disiplin ilmu yang dimilikinya dan pengalaman mengobati banyak pasien tentu dokter tidak asal-asalan dalam melakukan tindakan penanganan, ada banyak pertimbangan sebelum menentukan jenis pengobatan yang tepat.

Untuk menghilangkan mata ikan, biasanya Dokter akan mencari tahu terlebih dahulu mengenai penyebabnya apakah disebabkan karena penggunaan sepatu yang terlalu kecil atau memang ada kelainan pada bentuk jari kaki. Dengan mengetahui penyebabnya, bukan hanya ampuh untuk mengatasi penyakit mata  ikan namun mencegahnya datang kembali. Pertimbangan lainnya adalah berdasarkan tingkat keparahanya.

  • Cara Menghilangkan Mata Ikan di Telapak Kaki dengan Obat-obatan
Baca Juga :   6 Cara Menghilangkan Kutil Di Wajah Secara Alami

Di Apotek tersedia beberapa jenis obat yang bisa digunakan untuk mengobati mata ikan seperti Keratolik, Callusol dan sebagainya. Anda juga bisa menggunakan plester yang mengandung asam salisilat sebagai cara menghilangkan mata ikan di telapak kaki lainnya. Pengaplikasiannya tentu sangat praktis karena tinggal ditempelkan saja pada bagian kulit yang diserang mata ikan, namun demian Anda perlu melakukannya dengan benar agar kulit tidak sampai terbakar. Seperti yang kita ketahui bahwa asam salisilat memilki sifat panas yang memungkinkan dapat membakar kulit.

  • Cara Menghilangkan Mata Ikan di Telapak Kaki Secara Alami

Selain menggunakan obat-obat medis yang bisa dengan mudah ditemukan di Apotek, cara menghilangkan mata ikan di telapak kaki juga bisa dilakukan dengan menggunakan bahan tradisional apa sajakah itu? Pepaya menjadi salah satu buah yang memiliki banyak manfaat, selain buahnya yang manis getah pada buah pepaya ternyata ampuh untuk mengobati mata ikan. Adapun dalam hal ini gunakanlah buah pepaya yang masih mentah.

  • Rendam kaki kedalam wadah yang berisi air hangat yang telah dicampur garam, lakukan hingga 15 menit.
  • Bersihkan kaki dengan air yang besih dan keringkan dengan handuk yang bersih.
  • Setelah itu oleskan getah pepaya pada bagian kaki yang terpapar penyakit mata ikan

Untuk hasil yang maksimal lakukan perawatan ini secara rutin hingga mata ikan benar-benar hilang. Selain itu sebisa mungkin hindari berbagai aktivitas yang bisa menyebabkan proses penyembuhan berjalan lambat, yaitu berbagai tindakan yang bisa menyentuh area mata ikan yang sedang mengalami pengobatan.

Bahan alami lainnya yang juga efektif untuk menyembuhkan mata ikan adalah batu apung, caranya pun sangat mudah Anda hanya perlu merendam kaki dengan menggunakan air hangat 5 menit hingga 10 menit. Tujuannya adalah agar mata ikan tersebut menjadi lebih lunak. Kemudian gosok batu apung pada mata ikan yang ada di telapak kaki, sehingga kulitnya terkikis. Lakukan tindakan ini secara rutin hingga penyakit mata ikan menghilang.

Cara Mencegah Mata Ikan Datang Kembali

Pekerjaan menyembuhkan mata ikan belum selesai hanya karena mata ikan berhasil dihilangkan dari telapak kaki, Anda juga harus melakukan beberapa tindakan untuk mencegahnya datang kembali caranya adalah dengan menghindari penyebabnya. Oleh karena itu langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari tahu terlebih dahulu mengenai penyebab mata ikan itu sendiri setelah itu usahakan untuk menghindarinya sebisa mungkin.

Baca Juga :   Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi Anda

Seperti yang sudah dibahas diawal, jika Virus Human Papillomavirus atau HPV merupakan penyebab timbulnya penyakit mata ikan, tepatnya virus tipe satu. Adapun kondisi ini turut didukung oleh kebersihan tidak terjaga dengan baik ataupun tekanan yang berlebihan khususnya pada area kaki dna tangan. Selengkapnya berikut ini adalah penyebab munculnya penyakit mata kaki diantaranya adalah :

  • Kebiasaan menggunakan sepatu ataupun kaus kaki kotor dan lembab menjadi media tumbuh yang sempurna untuk HPV,hal ini semakin diperparah dengan kebiasaan jarang mencuci kaki.
  • Gesekan pada area kaki yang terjadi secara terus menerus
  • Penggunaan sepatu terlalu sempit menyebabkan tekanan berlebihan pada kaki.
  • Tekanan berlebihan pada kaki juga bisa disebabkan kerena cara berjalan yang salah
  • Penggunaan sepatu hak tinggi secara berlebihan
  • Adanya kelainan pada bentuk jari kaki
  • Adanya masalah pada postur tubuh

Itulah beberapa faktor yang bisa menyebabkan timbulnya penyakit mata kaki pada area kaki. Sebagai upaya pencegahan mulailah untuk rutin mencuci kaus kaki Anda dan jangan gunakan kaus kaki yang basah. Untuk meminimalisir tekanan pada kaki, sebaiknya gunakan kaus kaki yang cukup tebal dan hindari kaus kaki dengan jahitan yang bisa menyebabkan gesekan pada telapak kaki. Hal serupa juga berlaku untuk sepatu.

Usahakan untuk hanya menggunakan sepatu yang bersih dan juga kering. Ukuran sepatu juga harus pas, tidak terlalu besar apalagi terlalu sempit. Biasanya ukuran kaki akan membesar pada sore hari, oleh karena agar sepatu tetap nyaman digunakan sepanjang waktu hindari membeli sepatu pada pagi hari sebaliknya belilah sepatu pada sore hari.. Tidak kalah penting, pilihlah model sepatu dengan bagian depan yang lebar dan dilengkapi dengan bantalan empuk pada bagian alasnya. Terakhir cucilah kaki Anda secara rutin setiap hari, Anda juga dapat menggunakan krim perawatan kaki agar kaki tidak kering.

Demikianlah informasi mengenai cara menghilangkan mata ikan di telapak kaki dan mencagahnya datang kembali semoga dapat bermanfaat.

Related For Cara Menghilangkan Mata Ikan Di Telapak Kaki dan Mencagahnya Datang Kembali