Menu

Cara Menghilangkan Kutu Beras Dengan Cepat

Maret 9, 2017 | Tips Sehat | 462 Pengunjung

JadiSehat.com – Kutu Beras, sesuai dengan namanya jenis serangga ini hidup dan berkembang biak pada beras. Beras yang terlalu lama di simpan tidak jarang menjadi sarang tinggalnya kutu beras, dan biasanya juga menimbulkan bau.

Cara Menghilangkan Kutu Beras

Beras yang sudah terdapat kutu di dalamnya biasanya akan mengalami perubahan kualitas baik dari bau maupun warna. Sehingga kita perlu juga mewaspadai adanya kutu beras dengan tidak terlalu lama dalam menyimpan beras. Namun jika hal itu sudah terjadi kita melakukan beberapa langkah Cara Menghilangkan Kutu Beras yang mudah dan cepat berikut kami rangkum untuk anda :

Cara Menghilangkan Kutu Beras Dengan Cepat

1. Menjemur Beras

Cara termudah yang bisa kita lakukan adalah dengan mengeluarkan beras dari tempat penyimpanan kemudian menjemur beras di bawah terik matahari. Dengan di jemur di bawah terik matahari ini akan mengusir kutu beras yang ada.

2. Menggunakan Bawang Putih

Kemudian cara yang ke 2 dengan menggunakan bawang putih, aroma yang di timbulkan terbukti tidak disukai oleh Kutu Beras, sehingga cara ini juga efektif mengusir kutu beras. letakan beberapa siung bawang putih yang sudah di kupas kulit luarnya kemudian letakan pada permukaan beras.

3. Menggunakan Kayu manis 

Kayu manis ternayata dapat juga mengusir kutu beras dengan aromanya yang khas. Bahkan di dapati kutu beras yang mati setelah di letakan kayu manis di atas beras. Nah jika di rumah anda tersedia kayu manis, anda dapat mencobanya.

4. Menggunakan Daun Jeruk

Belakangan ini di ketahui bahwa kutu beras tidak menyukai aroma dari daun jeruk. Daun jeruk terbukti dapat mengusir kutu yang berada pada beras hanya dengan meletakan beberapa lembar daun jeruk pada beras.

5. Menggunakan kain setengah basah

Kutu beras tidak suka dengan keadaan lembab, maka dari itu kita bisa menyiasati masalah kutu beras ini dengan cara menutup permukaan beras dengan kain yang basah. dengan begitu kutu beras akan merambat naik ke bagian permukaan kain yang tidak basah dan kita dapat membuang kutunya.

Itulah beberapa Cara Menghilangkan Kutu Beras Dengan Cepat, berikutnya kami akan terus update jika kami menemukan cara baru untuk menghilangkan kutu beras. Nah setelah kita tau cara menghilangkan kutu beras, sebaiknya kita juga belajar cara mencegah agar beras kita tidak menjadi sarang kutu beras. berikut ringkasannya :

Cara Mencegah Kutu Beras

1. Jangan terlalu banyak menyimpan Beras

Jika anda ingin menyimpan beras sebaiknya jangan terlalu lama, jadi sediakanlah stock beras yang cukup untuk maksimal 1 minggu. Agar beras yang kita miliki tetap terjaga kualitasnya serta menghindari kutu beras.

2. Simpan Beras pada Suhu 17 Drajat

Jika kita menggunakan tempat khusus untuk menyimpan beras, maka pastikan suhunya adalah 17 Drajat. Karena pada suhu ini kutu beras tidak dapat bertahan hidup.

3. Pastikan Beras anda bebas dari kutu beras

Sebelum anda membeli beras, pastikan dulu pada beras tersebut apakah ada kutunya atau tidak. Karena kebanyakan orang mendapati kutu beras yang ada pada penjual – penjual beras.

Itulah tips yang bisa kami bagikan pada sobat semua untuk mencegah kutu beras. Sebenarnya adanya kutu beras juga berguna bagi kita untuk mendeteksi beras yang berkualitas.

Kutu beras dapat hidup dan berkembang biak pada beras yang benar benar alami, artinya jika beras kita terdapat kutu beras, maka bisa di pastikan beras yang kita miliki terbebas dari bahan bahan kimia berbahaya.

Nah itulah ulasan kami mengenai Cara Menghilangkan Kutu Beras semoga dapat membantu, jika di rasa artikel ini bermanfaat silahkan di share ^_^

 

Related For Cara Menghilangkan Kutu Beras Dengan Cepat