Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air

Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air

Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air | Ketika mandi tidak sengaja aliran air tiba – tiba masuk ke dalam lubang telinga. Anda pernah mengalaminya? Berdengung jadinya telinga kita ketika ada aliran air yang kemudian secara tiba – tiba masuk didalam telinga. Dan jika hal ini terjadi tentu saja ketidaknyamanan pada telinga akan bisa Anda rasakan.

Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air

Dan pada kondisi yang lebih parah bisa mengalami tuli sementara sebelum air bisa berhasil dikeluarkan dari telinga dan tidak lagi menyumbat telinga. Lantas bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi jika terjadi masalah telinga yang kemasukan air? Disini kami akan langsung berikan uraian informasi lengkapnya untuk Anda bagaimana cara mengatasi telinga kemasukan air yang paling tepat Anda terapkan. Mari kita simak dan cek informasi lengkapnya di bawah ini!

Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air

Bagi Anda yang saat ini mengalami masalah telinga yang kemasukan air, ada beberapa langkah dan kiat jitu yang dapat Anda langsung terapkan sehubungan dengan cara mengatasi telinga kemasukan air, diantaranya :

Goyangkan cuping telinga Anda

Pertama Anda miringkan kepala ke sisi telinga yang kemasukan air. Coba dulu untuk Anda goyangkan kepala supaya air bisa keluar. Kalau tidak berhasil, goyangkan cuping telinga Anda dalam posisi kepala yang dimiringkan sehingga nantinya bagian luar telinga Anda menghadap ke bahu dan dengan dorongan gravitasi lama – lama akan bisa keluar air didalam telinga Anda tadi.

Hisap air dengan telapak tangan

Agar Anda bisa mengeluarkan air, coba Anda miringkan kepala ke sisi telinga yang mengalami masalah. Kemudian Anda gunakan telapak tangan untuk menutup telinga yang kemasukan air tadi seolah Anda sedang bersandar pada telapak tangan tersebut. Gosokkan telapak tangan Anda pada telinga juga dengan gerakan naik turun agar permukaannya terasa lebih datar. Tekan juga telinga Anda dengan sangat kuat dan lepaskan dengan cepat sampai Anda bisa merasakan sensasi hisapan pada telinga. Air yang terjebak didalam telinga akan terhisap keluar.

Gerakkan rahang dan mulut

Saluran sempit yang menghubungkan antara rongga telinga dengan bagian belakang lubang hidung Anda bisa tersumbat dan juga membengkak sehingga air semakin sulit untuk keluar. Nantinya peregangan mulut dan juga rahang seperti mengunyah dan juga menguap bisa membantu melegakan saluran yang tersumbat ini. Anda bisa coba untuk menggerak – gerakkan rahang dan juga mulut sampai telinga Anda bisa terasa bebas kembali.

Menggunakan pengering rambut

Kalau Anda ingin mengatasi telinga yang kemasukan air dengan menggunakan pengering rambut, caranya yang bisa Anda coba yaitu dengan atur pengering rambut pada kecepatan udara yang paling rendah. Anda bisa beri jarak sekitar 30 cm dan keringkan dengan gerakan mendekati dan menjauhi telinga yang kemasukan air. Anda juga bisa mencoba cara ini sambil menggoyang – goyangkan cuping telinga Anda. Udara panas yang ditiupkan pada telinga nantinya akan bisa membantu air untuk menguap jauh lebih cepat.

Kompres dengan air hangat

Basahi kain yang lembut dengan menggunakan air panas dan kemudian bisa Anda peras sampai air tidak menetes dari kain kompres. Caranya Anda miringkan kepala ke sisi telinga yang mengalami masalah dan tempelkan kompres pada bagian luar telinga. Diamkan selama 30 detik dan lepaskan. Tunggu satu menit sebelum Anda kompres lagi. Anda bisa ulangi sebanyak empat sampai dengan lima kali. Kalau airnya belum keluar Anda bisa percepat prosesnya dengan teknik berbaring miring.

Mudah bukan Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air diatas? Semoga informasi yang kami berikan diatas menjadi informasi yang bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *