Menu

Cara Mengatasi Sariawan pada Anak

Agustus 20, 2016 | Anak Anak | 360 Pengunjung

Anak-anak kita memang sangat rentan terserang sariawan. Penyakit berupa benjolan kecil pada bagian bibir, pipi bagian dalam hingga lidah bisa menyerang buah hati kita. Sebagai orang tua, kita harus bisa melakukan tindakan pencegahan dan pengobatan. Oleh karena itu, patutnya kita mengetahui cara mengatasi sariawan pada anak..

Cara Mengatasi Sariawan pada Anak

Kesehatan buah hati kita tentu menjadi hal utama yang selalu diperhatikan seluruh orang tua. Para orang tua tentu tak ingin melihat darah dagingnya sendiri mengalami sakit. Sariawan mungkin bukan tipe penyakit yang berbahaya. Namun, kita tentu tidak ingin melihat anak kita mengalami sariawan yang bisa saja menyiksa.

Sariawan disebabkan oleh peradangan pada bagian tertentu, umumnya di bagian bibir atau lidah. Jika sudah terserang sariawan, anak kita tentu akan kesulitan dalam hal mengkonsumsi makanan. Benjolan kecil sariawan tersebut sedikit banyak akan mengganggu aktivitas buah hati kita.

Cara Mengatasi Sariawan pada Anak

Jangan biarkan sariawan tersebut terus muncul pada anak kita. Untuk mengatasinya kita bisa melakukan beberapa hal di bawah ini. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi sariawan pada anak dengan sederhana.

  • Konsumsi Jeruk

Salah satu cara paling mudah untuk mengatasi sariawan adalah dengan mengkonsumsi banyak vitamin C. Salah satu sumber makanan yang mempunyai kandungan vitamin C yang pas adalah jeruk. Jeruk bisa menjadi obat untuk mengatasi dan mencegah terjadinya sariawan pada buah hati kita. Untuk anak yang masih berusia di bawah 2 tahun, akan lebih baik jika jeruk sudah dibuat dalam bentuk jus atau minuman siap saji. Dengan begitu, bayi di bawah 2 tahun bisa mengkonsumsinya dengan mudah.

  • Larutan Air Garam

Kita juga bisa menggunakan ramuan air garam untuk anak kita yang terserang sariawan. Cara penggunaan dan pembuatannya juga tak terlalu sulit. Kita tinggal mencampur satu gelas air dan beberapa sendok teh garam. Setelah tercampur, kita tinggal menyuruh anak kita untuk berkumur dengan larutan air garam tersebut. Suruh anak Anda untuk berkumur-kumur selama satu hingga dua menit. Cara ini terbukti cukup efektif untuk menyembuhkan sariawan.

  • Madu

Madu memang mempunyai banyak sekali khasiat untuk kesehatan. Selain itu, madu juga bisa dipilih sebagai bahan alami untuk menyembuhkan sariawan pada anak. Kita tinggal mengoleskan madu pada bagian tubuh anak kita yang terkena sariawan. Karena madu rasanya manis, kita tak perlu takut anak kita akan merasakan kesakitan. Jika kita lakukan secara rutin dan teratur, dijamin sariawan yang ada pada anak kita akan segera menghilang.

Demikian tadi cara mengatasi sariawan pada anak dengan sederhana. Cara-cara tersebut bisa diterapkan pada anak kita yang mengalami masalah sariawan. Jika sariawan tak kunjung sembuh, ada baiknya untuk membawa anak kita tersebut ke dokter. Jaga terus kesehatan buah hati kita supaya terbebas dari berbagai penyakit berbahaya.

Related For Cara Mengatasi Sariawan pada Anak