Cara mengatasi Penyakit kulit campak

Cara mengatasi Penyakit kulit campak

Cara mengatasi gangguan penyakit kulit campak itu bagaimana? Sebelumnya, mari kenali terlebih dahulu mengenai penyakit campak ini. Penyakit campak juga memiliki sebutan rubeola, yakni penyakit yang diakibatkan karena infeksi virus. Untuk diketahui jika penyakit ini termasuk jenis penyakit kulit yang penularannya begitu mudah dan cepat. Penularan dapat terjadi jika terjadi kontak langsung antara seseorang yang sehat dengan yang menderita campak. Selain kontak langsung, bersin dan batuk juga dapat membuat seseorang tertular. Ini dapat terjadi khususnya jika orang lain menghirup percikan dari bersin dan batuk itu. Mari baca selengkapnya.

Cara mengatasi Penyakit kulit campak
Cara mengatasi Penyakit kulit campak

Penularan

Bahkan menyentuh benda yang sudah terinfeksi oleh virus campak, ternyata juga bisa menjadi sarana penularan campak. Memang jenis penyakit yang disebabkan oleh virus itu sangat mudah menular.

Gejala atau tanda-tanda penyakit campak

Berikut beberapa gejala yang dialami seseorang yang menderita sakit kulit campak. Gejala-gejala dapat muncul jika sudah melalui 7 hingga 14 hari dari waktu seseorang tertular virus penyebab campak. Kurang lebih empat belas hair, maka gejala pun akan semakin menghilang. Langsung saja mari disimak apa saja gejala-gejala dari campak di bawah ini:

1. Gangguan diare

2. Demam tinggi

3. Muntah-muntah

4. Batuk kering

5. Sakit tenggorokan

6. Coryza atau hidung beringus

7. Badan menjadi lemas

8. Selera makan menghilang

Selain kedelapan gejala yang terasa di atas, seorang pasien campak juga akan mengalami gejala yang sangat terlihat. Gejala tersebut yakni munculnya ruam pada kulit. Ruam karena campak memiliki warna merah kecoklatan, di mana pada awal mula akan muncul di garis telinga, belakang telinga. Selanjutnya ruam tersebut akan menyebar hingga kepala, leher, dan menyebar ke seluruh kulit tubuh penderita.

Pencegahan penyakit campak dapat dilakukan dengan cara memberikan vaksin. Vaksin yang diperlukan adalah vaksin MMR, paling tidak 2x diberikan. Waktu untuk memberikan vaksin MMR yakni ketika bayi berumur 15 bulan, kemudian sesudah anak mencapai umur 5 – 6 tahun, atau sebelum anak tersebut masuk SD. Sekian informasi mengenai cara mengatasi penyakit kulit campak, semoga berkenan.