Menu

Emosi Sering Naik Turun Saat Hamil? Ini Cara Mengatasinya!

Februari 2, 2017 | Hamil, JadiSehat | 363 Pengunjung

Apakah ketika masa kehamilan bunda pernah tiba-tba ingin menangis kencang padahal beberapa detik sebelumnya tertawa? Ataukah bunda pernah ketika suasana dirumah adem ayem tiba-tiba ingin marah-marah tidak jelas? Jika iya, bunda tidak perlu khawatir. Hal tersbut wajar kok. Pada saat kehamilan emosi atau mood para bumil (ibu hamil) memang sering mengalami suasana hati naik –turun seperti halnya roller coaster, tetapi tidak mengasyikan tapi membuat orang disekitar bunda tidak nyaman dan panik.

Penyebab emosi berubah-ubah dengan cepat pada saat kehamilan antara lain disebabkan oleh perubahan hormonal yang akibatnya pada perasaan was-was akan menjadi orang tua dan juga akibat level neurotransmitter. Meningkatnya hormone inilah yang mempengaruhi emosi bunda yang terkadang meneteskan air mata maupun mudah marah walaupun Cuma masalah kecil. Kebanyakan emosi naik turun pada saat kehamilan dikarenakan akan adanya perubahan dalam hidupnya yakni menjadi seorang ibu,  antara kebahagiaan akan nada si kecil yang menemani hari-hari bunda tetapi pada sisi lainnya ada kekhawatiran menjadi sosok yang sempurna bagi buah hati, ada juga kekhawatiran lain bagaimana kondisi bayi saat lahir, kondisi financial keluarga ketika anak dewasa, perasaan takut setelah melahirkan seperti apakah akan tetap menarik bagi pasangan, dsb

Setiap ibu mengatasinya dengan berbeda-beda terhadap masalah ini, ada yang biasa saja namun ada yang sangat depresi ataupun mudah marah. Biasanya emosi yang tidak stabil ini pada saat masa kehamilan 6-10 minggu, karena pada saat itulah bumil sangat sulit mengkontrol emosinya. Namun kondisi seperti ini akan berangsur menghilang ketika usia kehamilan menginjak trimester kedua dan akan muncul kembali pada saat trimester terakhir.

Tips Mengatasi Emosi Sering Naik Turun Saat Hamil

Emosi Sering Naik Turun Saat Hamil

Penyebab Emosi Sering Naik Turun Saat Hamil

Meskipun wajar, ada baiknya bunda mencoba mengendalikan keadaan yang membuat tidak nyaman ini,dengan membuat lebih santai menghadapi masa kehamilan dan juga persalinan. Inilah mengatasi emosi sering naik turun saat hamil, antara lain:

  1. Mintalah bantuan, setiap wanita hamil ingin segala sesuatu yang berkaitan dengan kehamilan dan persalinan beres dan juga sempurna, namun bunda harus tetap menjaga kesehatan. Janganlah terlalu kecapekan saat berbelanja perlengkapan bayi atau menjalankan aktivitas rumah tangga seperti menyapu, mencuci, dsb. Mintalah bantuan keluarga, suami, atau kerabat agar beban bunda berkurang.
  2. Cukup istirahat, untuk mengisi energi bunda saat hamil, sebisa mungkin untuk perbanyak istirahat, cobalah tidur siang meski Cuma sebentar. Ajaklah pasangan bunda berlibur, jika bekerja mintalah cuti sebentar.
  3. Santai sejenak, agar bunda merasa rileks, sesekali keluarlah nonton dibioskop, duduk-duduk santai di taman,. Jalan-lalan ke mall, atau jika bunda malas keluar cukup memanjakan diti dirumah.
  4. Carilah teman berbagi, jika dirundung kecemasan obat penawar yang tepat adalah berbagi atau curhat kepada pasangan, keluarga ataupun sahabat. Dengan berbagi dengan orang yang pengertian dan juga dapat dipercaya akan meredam emosi dan kegundahan hati bunda.
  5. Olahragalah, karena dengan olahraga dapat menaikkan mood bunda ketika emosi ataupun cemas, namun pilihlah olahrsga yang ringan seperti jalan kaki, berenang, yoga atau senam bumil.
Baca Juga :   Prosedur Cara Pasang Kawat Gigi/Behel oleh Dokter

Related For Emosi Sering Naik Turun Saat Hamil? Ini Cara Mengatasinya!