Menu

Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi Anda

Juli 19, 2016 | Bayi | 555 Pengunjung

Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi – Bayi mengalami cegukan sebenarnya bukan sebuah hal baru dan tidak harus anda takuti, namun jika ini pengalaman pertama anda merawat bayi pasti sangat khawatir. Ada mitos yang menyebutkan bahwa bayi cegukan tandanya dia sedang tumbuh, namun itu juga hanyalah kata kata penenang bagi ibu muda dengan pengalaman pertamanya menimang bayi.

cara mengatasi cegukan pada bayi

Bayi cegukan dikarenakan oleh perubahan emosi yang singkat, seperti ketika bayi sedang di beri ASI tiba tiba sang bayi menangis. Perubahan emosi semacam itulah yang menyebabkan bayi anda cegukan, nah cara mengatasi cegukan pada bayi dalam kondisi seperti itu anda hanya perlu melakukan langkah berikut :

  1. Memilih tempat yang tenang ketika menyusui sang bayi
  2. Memilih momen yang tepat untuk menyusui

Momen yang tepat untuk menyusui adalah ketika sang bayi tenang, dan ketika iya mengantuk. Kesalahan yang banyak di lakukan adalah memberi ASI pada saat bayi menangis, dengan harapan sang bayi bisa tenang. Kadang cara ini memang berhasil tapi tidak jarang pula membuat sang bayi menjadi cegukan.

Hal yang perlu anda ingat adalah jangan memaksakan ASI pada bayi yang sedang cegukan, karena ini dapat memicu bayi tersedak bahkan muntah.

Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi

Cegukan pada bayi dapat segera sembuh dengan sedirinya, dan bukan karena masalah yang serius dalam arti tidak membahayakan bagi sang bayi. ketika bayi mengalami cegukan anda dapat melakukan beberapa cara untuk mengatasinya, cara ini juga yang sering di lakukan para ibu sebagai cara mengatasi cegukan pada bayi mereka, anda juga bisa mencobanya :

1. Mengusap Usap Uada Sang Bayi

ketika sang bayi sedang mengalami cegukan anda tidak perlu panik, cukup berikan usapan lembut di dadanya secara perlahan, usapan ibu akan membuat sang bayi menjadi tenang dan juga bisa mengatasi cegukan pada bayi anda.

Baca Juga :   Cara Mengobati Sakit Mata pada Bayi dengan Cara Alami

2. Pijat Perlahan Bagian Punggung

Cara mengatasi cegukan pada bayi yang ke-dua adalah dengan cara memijat bagian punggung bayi secara perlahan, pijatan ini akan membuat sang bayi tenang. perlahan cegukan pada bayi anda akan berkurang dan kemudian sembuh.

Lakukan ke 2 cara di atas untuk mengatasi ketika bayi anda cegukan. karena pada bayi hal ini akan sering terjadi mengikuti pertumbuhannya. Jadi cegukan pada bayi suwaktu waktu bisa terulang kembali. Nah anda juga dapat melakukan pencegahan agar tidak terjadi cegukan pada bayi anda.  beberapa di antaranya adalah :

1. Merubah Posisi Saat Menyusui

Posisi saat menyusui berpengaruh pada bayi, karena ketika bayi di beri asi akan banyak udara yang ikut masuk, karenanya anda perlu merubah posisi agar bayi bisa membatasi udara yang masuk. jangan paksakan memberi asi ketika bayi cegukan hal ini di khawatirkan membuat bayi jadi tersedak. Hentikan dulu memberinya asi hingga si bayi benar benar tang dan tidak cegukan lagi, rubah posisi menyusui anda agar bayi tidak kembali cegukan.

2. Buatlah Bayi Bersendawan Setelah di Beri ASI

cara yang dapat anda lakukan yaitu dengan meposisikan bayi berdiri sejajar dengan pundak anda, atau di tempelkan pada pundak, lalu usap bagian punggung bayi, hal itu akan membantu bayi bersendawan setelah di beri ASI. hal itu adalah salah satu cara mengatasi cegukan pada bayi anda karena bersendawan mengurangi kadar udara dalam perut bayi. kadar udara yang berlebihan seringkali memicu terjadinya cegukan.

3. Mengatur Pola Makan Bayi

Seperti yang sudah di tuliskan di awal tadi memberi ASI pada bayi usahakan teratur, dan tepat waktu. pola makan atau pola pemberian ASI yang teratur menjadikan bayi menerima asi dengan nyaman dan tentunya bisa mengindari terjadinya cegukan pada bayi.

Baca Juga : Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Nah itulah tadi beberapa ulasan yang kami sampaikan mengenai cara mengatasi cegukan pada bayi anda, semoga dapat bermanfaat, dan menambah wawasan anda dan anda dapat berbagi juga pada  sahabat atau kerabat anda yang memiliki masalah serupa.

Baca Juga :   Tips Mudah Mengatasi Bayi Rewel Saat Malam Hari

 

Related For Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi Anda