Menu

Cara Mudah Mendeteksi Awal Kehamilan

April 24, 2015 | Hamil, JadiSehat | 880 Pengunjung

Cara mendeteksi kehamilan terkadang sulit untuk menentukan positif dan tidaknya setelah telat datang bulan. Walaupun datang bulan adalah merupakan salah satu tanda dari kehamilan, akan tetapi terlambatnya datang bulan bukan jaminan bahwa anda hamil. Apa bila seorang wanita mengalami siklus haid yang normal dan teratur, maka siklus haid dapat digunakan untuk menentukan atau mendeteksi kehamilan.

Cara Mudah Mendeteksi Awal Kehamilan

Siklus haid yang normal dan teratur juga bisa digunakan untuk menentukan waktu yang tepat saat merencanakan kehamilan. Akan tetapi bila seorang wanita mengalami siklus haid yang kurang normal atau tidak teratur, maka akan sedikit sulit untuk menentukan masa subur dan juga mendeteksi kehamilannya.

Berikut beberapa cara mudah mendeteksi awal kehamilan:

  • Dengan menggunakan alat tes kehamilan
    Alat tes kehamilan yang terjual bebas di pasaran biasanya tidak bisa secara akurat mendeteksi awal kehamilan anda. Alat tes kehamilan tersebut kurang peka untuk mendeteksi kehamilan. Jadi apabila anda mendapatkan hasil yang tidak memuaskan dengan hasil negatif, maka cobalahlah dalam beberapa hari lagi untuk mengeceknya kembali. Dan jika anda sudah mendapatkan hasil yang positif, maka anda bisa segera mengunjungi dokter untuk memastikan hasil dari alat tes kehamilan tersebut. Sehingga anda bisa mempersiapkan diri untuk menjaga kehamilan agar tetap aman dan sehat hingga proses persalinan.
  • Memperhatikan siklus haid
    Apabila siklus haid anda normal dan tepat waktu, mungkin anda bisa mendeteksi kehamilan anda dengan anda melihat salah satu gejala-gejala kehamilan yang umum terjadi yaitu terlambatnya datang bulan. Namun apabila siklus haid anda tidak normal maka tidak akan menghiraukan gejala-gejala kehamilan seperti terlambat datang bulan. Sehingga anda akan mengetahui jika anda hamil setelah haid sudah berhenti selama beberapa bulan.
  • Adanya pendarahan kecil
    Biasanya wanita akan mengalami pendarahan kecil, apabila pembuahan telah terjadi. Terjadinya pendarahan biasanya karena adanya penggalian sel telur pada rahim. Dalam proses penggalian tersebut tidak diketahui secara pasti dan proses tersebut biasanya terjadi hanya 6 hari setelah adanya pembuahan. Sehingga apabila anda mengalami pendarahan kecil, maka bisa jadi itu merupakan tanda-tanda bahwa anda sedang hamil. Segeralah periksakan ke dokter agar mendapatkan hasil yang lebih akurat.
  • Bengkaknya payudara
    cara mendeteksi kehamilan juga bisa dilihat atau dilakukan dengan memperhatikan bentuk payudara anda. Membengkaknya payudara dengan cepat bisa menjadi salah satu tanda-tanda dari kehamilan pada wanita. Selain membengkak, biasanya payudara juga akan terasa sakit saat disentuh. Payudara menjadi bengkak dan sakit ini disebabkan karena meningkatnya hormon di dalam tubuh. Rasa sakit payudara akan berkurang setelah trimester yang pertama.
  • Akan terjadi muntah atau mual
    Kebanyakan para wanita hamil akan mengalami rasa yang tak enak pada tubuh yang disertai dengan mual-mual dan serasa ingin muntah (morning sickness) yang biasanya terjadi pada pagi hari. Gejala seperti ini akan berhenti pada trimester ke 2.

Cara mendeteksi kehamilan juga bisa dilihat dari intensitas buang air kecil. Ibu hamil biasanya akan lebih sering buang air kecil karena jumlah cairan dan juga darah menjadi meningkat.

Related For Cara Mudah Mendeteksi Awal Kehamilan