Menu

Cara Terbaik Menaikkan Berat Badan Bayi Dengan Cepat

Maret 29, 2015 | Bayi, JadiSehat | 279 Pengunjung

Pada umumnya bayi lahir memiliki ciri dan berat badan yang berbeda-beda. Berat badan rata-rata bayi yang baru lahir adalah 2500 sampai dengan 4500 gr. Kesehatan ibu saat masa kehamilan, nutrisi yang diberikan saat hamil dan genetic merupakan factor yang menentukan berat dan ukuran badan bayi. Jika bayi yang anda lahirkan memiliki berat badan yang rendah tidak perlu khawatir. Karena banyak cara menaikkan berat badan bayi yang bisa anda lakukan.

Cara Terbaik Menaikkan Berat Badan Bayi Dengan Cepat
Anda juga tidak perlu khawatir untuk mengontrol perkembangan bayi, karena sekarang sudah tersedia KMS (kartu menuju sehat). Di dalam buku ini terdapat grafik perkembangan berat badan bayi, sehingga anda dapat mengontrol pertambahan berat badan bayi anda. Dan jika terjadi sesuatu langsung dapat ibu atasi.

Beberapa tips untuk menaikkan berat badan bayi yang dapat ibu lakukan antara lain:

  • Berilah asupan ASI yang berkualitas kepada sang bayi.
    Bayi yang berumur di bawah 6 bulan belum diperbolehkan memakan makanan luar, hanya diperbolehkan mengonsumsi ASI saja. Dan untuk menaikkan berat badan bayi yang berumur di bawah 6 bulan ini harus dengan cara meningkatkan pemberian ASI yang berkualitas kepada bayi. Ini di sebabkan semua nutrisi yang di butuhkan oleh sang bayi harus terdapat pada ASI, yang merupakan makanan satu-satunya bagi bayi di bawah 6 bulan. Agar ASI berkualitas, asupan makanan sang ibu menyusui juga harus lengkap dan cukup. Selain itu ibu menyusui juga harus mampu menghindari stress, sebab stress dapat mempengaruhi kualitas ASI.
  • Jadwalkan dengan teratur pemberian MPASI pada sang bayi.
    Pada saat umur bayi di atas 6 bulan ibu sudah dapat memberikan MPASI (makanan pengganti ASI) kepada sang bayi. Saat bayi sudah mendapatkan MPASI, sang bayi akan mengonsumsi ASI dengan jumlah sedikit. Ini karena nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi sudah di dapat dari MPASI. Untuk bayi yang berumur di atas 6 bulan anda dapay menaikkan berat badan bayi dengan memberikan MPASI sebanyak 2 sampai 3 kali perharinya. Sesuaikan porsi MPASI dengan umur bayi anda. Dalam memilih MPASI yang harus sangat diperhatikan adalah kandungan MPASI itu sendiri. Terutama adalah kalori, untuk kalori anda dapat menambahkan MPASI dengan keju atau minyak sayur.
  • Berilah sang bayi komposisi yang tepat.
    Perhatikanlah jenis bahan yang anda berikan kepada bayi jika ingin menaikkan berat badan bayi anda. Ini agar nutrisi yang dibutuhkan sang bayi tercukupi dan seimbang. Untuk MPASI, anda dapat memberikan komposisi karbohidrat lauk dan sayur 50 banding 50. Contohnya nasi tim sebanyak 4 sendok makan di tambah lauk dan sayur masing-masing 2 sendok makan. Agar cara menaikkan berat badan bayi lebih maksimal, anda dapat memberikan buah hati cemilan sehat, yaitu 2 kali per hari. Cemilan itu dapat anda berikan pada waktu menjelang siang dan pada saat hari menjelang sore.
Baca Juga :   Hamil 1 Bulan : Ciri Hamil  dan Perkembangan Janin

Itulah beberapa cara menaikkan berat badan bayi yang dapat ibu lakukan. Namun jangan berikan asupan yang berlebih karena akan membuat bayi menjadi obesitas.

Related For Cara Terbaik Menaikkan Berat Badan Bayi Dengan Cepat