Menu

Cara Membuat Salad Sayuran, Buah-Buahan Untuk Diet

Mei 27, 2016 | JadiSehat | 6.270 Pengunjung

Sangatlah menguntungkan jika resep salad buah dan sayuran sederhana dapat diketahui para pelaku diet. Secara faktual, memang ada banyak strategi untuk mengurangi bobot tubuh atau mempertahankan stabilitas berat badan. Di antaranya adalah dengan mengurangi asupan kalori, memperbanyak asupan serat seperti salad, cukup minum, mengurangi lemak, menambah porsi latihan olahraga, dan lain-lain. Bobot tubuh yang stabil atau program diet yang berhasil sangat berefek positif bagi kesehatan dan bentuk tubuh.

cara membuat salad sayuran, buah-buahan untuk diet

Salah satu cara mengurangi bobot tubuh yang banyak dilakukan adalah memperbanyak asupan serat dari salad buah-buahan dan sayuran. Karenanya, resep salad buah dan sayuran yang menyehatkan perlu disimpan baik-baik, dan sekali-kali perlu dipraktikkan sendiri di rumah.

Cara Membuat Salad Buah-buahan dan Sayuran Sederhana

Berikut ini ada dua cara membuat salad buah dan sayur yang enak, kaya gizi dan vitamin, namun berkalori rendah seperti salad di Hokben. Penasaran? Yuk, kita simak.

1. Resep Salad Buah-buahan dan Salad Sayuran Saus Mayonaise

Campurlah beberapa jenis buah yang sudah dipotong-potong, seperti pepaya, mangga, semangka, melon, bengkoang, tomat, apel, pir, dan irisan tipis selada bokor dalam mangkuk besar. Gabungan rasa manis dan asam dari berbagai macam buah itu akan semakin maknyus di lidah jika dicampur dengan saus mayonaise. Usahakan membuat saus campuran mayonaise yang menyehatkan tubuh. Artinya, hindari garam berlebihan, juga tak perlu menambahkan susu bubuk fullcream atau bagian kuning telur rebus, karena bahan-bahan itu kurang ‘bersahabat’ bagi program diet Anda.

Jika anda tidak menyukai mayonaise, anda juga dapat membuat salad sayur tanpa mayonaise, dan mengganti campurannya dengan minyak zaitun.

resep membuat mayonaise salad sayuran, buah-buahan hokben

Menambahkan keju ke dalam resep salad buah dan sayuran ini pun bisa anda lakukan, asalkan dalam porsi yang tidak terlalu banyak. Agar resep salad buah dan sayuran enak tidak membosankan, sebaiknya gantilah jenis buah-buahan yang digunakan setiap hari. Selain selada bokor, sayuran yang bisa digunakan dalam membuat salad buah dan sayuran adalah kubis muda dan lotus. Bisa juga dengan menggunakan campuran parutan wortel.

2. Resep Membuat Salad Buah-buahan dan Sayuran dengan Saus Bumbu Rujak

Campurlah mentimun, lotus merah atau lotus hijau, nanas matang, tomat merah segar, wortel, kentang kukus, labu kuning kukus, melon, dan anggur segar yang telah dan dipotong-potong. Tambahkan saus bumbu rujak gula jawa tanpa kacang tanah sebagai saus salad. Resep salad buah-buahan dan sayur saus bumbu rujak ini mengandung karbohidrat yang cukup, sehingga membuat rasa kenyang yang lebih tahan lama.

cara membuat salad sayuran saus mayonaise yang enak

Salad buah-buahan dan sayuran ini bisa dimakan sebagai pengganti camilan. Bukan rahasia lagi bahwa makanan ringan seperti keripik kentang, keripik pisang keju, atau camilan-camilan renyah kering lainnya, sangat tidak pas dikonsumsi oleh para pelaku diet, karena bisa mengacaukan program penurunan berat badan. Maka, sebagai sumber serat jempolan, resep salad buah dan sayur di atas sangatlah dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai camilan di saat diet.

cara membuat salad sayuran tanpa saus mayonaise sederhana

Selain mengkonsumsi mayonaise salad yang berisi campuran buah-buahan dan sayuran seperti yang sudah dijelaskan di atas, jangan abaikan aktivitas olahraga, agar stamina tubuh lebih terjaga. Selain itu, konsumsi pula sumber gizi dan protein lainnya, seperti ikan, daging ayam, tahu tempe, dan juga nasi secukupnya. Selamat mempraktikkan resep membuat salad sayuran, buah-buahan untuk diet.

Salam Menjadi Sehat.

Related For Cara Membuat Salad Sayuran, Buah-Buahan Untuk Diet