Menu

Bahaya Kanker Kulit Melanoma yang Harus Diketahui

Februari 12, 2017 | JadiSehat, Tips Sehat | 275 Pengunjung

Bahaya Kanker Kulit Melanoma yang Harus Diketahui | Banyak yang berpendapat bahwa kanker kulit merupakan salah satu jenis kanker yang paling mudah dideteksi sejak dini karena penyakit ini sangat terlihat. Akan tetapi tetap saja yang namanya penyakit kanker apapun jenisnya sangat berbahaya karena penyembuhannya juga butuh waktu yang tidak sebentar. Termasuk jenis kanker kulit melanoma.

Bahaya Kanker Kulit Melanoma yang Harus Diketahui

Melanoma sendiri adalah jenis kanker yang berkembang pada melanosit dimana melanosit ini merupakan suatu sel pigmen kulit yang berfungsi sebagai penghasil melanin. Dimana melanin ini merupakan sisi yang fungsinya menyerap sinar ultraviolet dan juga melindungi kulit dari berbagai kerusakan.

Melanoma memang harus segera ditangani karena kalau tidak bahayanya akan timbul. Mengatasi melanoma sejak pertama kali gejala terjadi juga sangat penting untuk meminimalisir bahaya penyakit ini. Lantas seperti apa penyakit yang perlu diwaspadai ini?

Bahaya Kanker Kulit Melanoma

Penyakit kanker melanoma sendiri memiliki berbagai jenis. Beberapa jenis penyakit kanker kulit melanoma diantaranya :

Kanker kulit asymmetrical

Bentuk kanker kulit yang satu ini merupakan salah satu jenis kanker kulit melanoma dengan ciri adanya tahi lalat yang berbentuk tidak beraturan dan juga tidak bisa dibagi dua sama rata.

Kanker kulit border

Tahi lalat ini memiliki pinggiran yang kasar dan tidak merata. Kemudian nantinya kalau disentuh permukaannya terasa tebal. Memang sungguh jauh berbeda dengan tahi lalat normal yang cenderung tipis.

Kanker kulit colour

Tahi lalat yang satu ini punya campuran banyak warna alih – alih hanya berwarna hitam atau cokelat saja dan menandakan tahi lalat ini terjangkit kanker kulit melanoma.

Kanker kulit diameter

Jenis kanker kulit yang satu ini memiliki tahi lalat yang ukurannya besar dan juga memiliki diameter lebih dari 6 mm dan merupakan suatu gejala tahi lalat yang telah terpapar dengan kanker kulit melanoma.

Kanker kulit enlargement or evolution

Tahi lalat ini mengalami pembesaran dan bentuknya juga memiliki perubahan dalam selang waktu tertentu yang turut menjadi indikasi tahi lalat ini terserang kanker kulit melanoma.

Penyakit kanker kulit melanoma sendiri merupakan suatu penyakit kanker kulit yang tidak timbul begitu saja. Ada banyak faktor pemicu yang menjadi penyebab kanker kulit melanoma ini timbul. Lantas apa saja faktor pemicu penyakit kanker kulit melanoma ini?

• Memiliki jenis kulit yang pucat dan mudah terbakar sinar matahari.
• Memiliki keluarga dengan riwayat kesehatan pernah mengalami penyakit kanker kulit melanoma.
• Usia lanjut.
• Memiliki rambut dengan warna pirang atau merah.
• Sistem imunitas tubuh yang menurun karena serangan penyakit seperti HIV atau AIDS.
Agar penyakit kanker kulit melanoma tidak terjadi tentu saja penyakit ini perlu dilakukan pencegahan. Berikut beberapa langkah pencegahan yang penting dilakukan agar terhindar dari resiko penyakit kanker kulit melanoma.
• Menghindari paparan sinar matahari siang antara pukul 10 pagi sampai dengan pukul 03.00 sore. Dan pada jam – jam ini memang radiasi sinar UV sangat kuat dan juga sangat berbahaya bagi kulit. Jika memang terpaksa harus beraktivitas di luar ruangan ada baiknya gunakan sunblock untuk melindungi kulit.
• Kenakan pakaian yang tertutup agar terhindar dari paparan sinar matahari secara langsung.
•Biasakan mengenakan tabir surya dan SPF untuk kulit Anda kapan saja.

Demikian sedikit informasinya untuk Anda tentang Bahaya Kanker Kulit Melanoma. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi Anda.

Related For Bahaya Kanker Kulit Melanoma yang Harus Diketahui