Menu

Bahaya Atau Efek Samping Kopi Untuk Ibu Hamil

Juli 29, 2015 | Hamil, Uncategorized | 123 Pengunjung

Bahaya Atau Efek Samping Kopi Untuk Ibu Hamil. Kopi adalah minuman yang di banyak digandrungi atau disukai oleh kalangan masyarakat luas di Indonesia, terutama oleh para remaja laki-laki bahkan perempuan pun menyukainya. Hal ini karena kopi memiliki citarasa yang khas dan mantap jika di minum.Selain dapat memberi kehangatan, kopi juga dapat meningkatkan stamina terutama pada mata kita agar tidak mudah mengantuk.

Bahaya Atau Efek Samping Kopi Untuk Ibu Hamil

Kopi untuk ibu hamil mempunyai dampak yang kurang baik bagi ibu dan juga janin. Bagi para wanita atau ibu-ibu hamil yang sudah kecanduan minuman kopi, anda tetap dapat mengkonsumsinya hanya saja porsinya harus dikurangi. Konsumsi kopi untuk ibu hamil hanya cukup sekedar minum atau sedikit saja, ini untuk menjaga resiko-resiko yang kurang baik terhadap kandunganya.

Penting untuk anda ketahui khususnya bagi para wanita yang sedang hamil, sebaiknya anda hindarilah minuman kopi dalam bentuk apapun. Dibawah ini ada beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan oleh wanita yang sedang mengandung atau hamil jika tetap mengkonsumsi kopi dengan jumlah banyak. Diantaranya yaitu:

1. Dapat menyebabkan sakit magh
Kopi adalah minuman yang sangat identik dengan kafein. Jika seseorang terlalu banyak mengkonsumsi kafein, maka dapat dengan mudah menyebabkan gejala penyakit asam lambung yang kemudian dapat menjadikan terkenanya penyakit lambung yang fatal, seperti magh. Menurut dari beberapa penelitian yang dilakukan oleh para ahli, jika seorang ibu yang sedang hamil teridentifikasi terjangkit penyakit mag, makaakan sangat berbahaya sekali. Ini karena sangat berpengaruh sekali terhadap janin yang ada dalam kandungan.

Kopi akan menyebabkan asupan nutrisi yang disalurkan untuk sang janin akan terhambat dan menjadi berkurang, sehingga akan menyebabkan tumbuh kembang bayi dalam kandungan menjadi tidak sempurna. Solusi yang paling tepat untuk menghindari hal tersebut, tidak mengkonsumsi kopi secara berlebihan, terutama selama masa kehamilan.

Baca Juga :   Mengenali Tanda Penyakit Melalui Mata

2. Dapat menyebabkan insomnia (susah tidur) dan darah tinggi
Memang sudah menjadi rahasia umum yang tidak terelakkan lagi, bahwa dengan minum kopi akan dapat mengurangi rasa kantuk bagi si pengkonsumsi kopi tersebut. Hal ini terjadi karena kandungan zat kafein dalam kopi sangat tinggi, yang kemudian akan memicu tekanan jantung semakin cepat. Sehingga dapat mengurangi rasa kantuk. Selain itu, konsumsi kopi untuk ibu hamil juga dapat menjadikan tekanan darah dalam tubuh menjadi lebih tinggi, atau dalam istilah kedokteran biasa disebut dengan hipertensi.

3. Dapat meningkatkan resiko keguguran
Akibat dari konsumsi kopi saat hamil yaitu menjadikan tekanan darah sang ibu menjadi semakin kencang, yang kemudian akan mengakibatkan potensi terkenanyapreeklamasia. Dengan demikian maka sang ibu nantinya saat persalinan dapat berpotensi melahirkan bayi yang kurang normal berat badanya (premature). Selain itu yang lebih bahayanya lagi, jika saat hamil terlalu banyak dalam mengkonsumsi kopi, maka resiko keguguran akan semakin tinggi.

4. Resiko terserang leukimia pada janin
Dalam suatu penelitin di Amerika mengatakan bahwa, jika sang ibu mengkonsumsi 2 gelas kopi perharinya dapat menyebabkan 60% resiko terkena leukimia atau kanker darah. Para pengidap penyakit leukimia ini kebanyakan tidak bisa bertahan hidup lebih lama, dan kemudian meninggal dunia.

Demikianlah beberapa bahaya atau efek samping kopi untuk ibu hamil. Dengan adanya efek samping tersebut, maka sangat dianjurkan agar ibu hamil menghindari konsumsi kopi dalam jumlah yang banyak. Semoga informasi di atas dapat menjadi pengetahuan mengenai bahaya kopi untuk ibu hamil. Bagi anda yang sedang tidak hamil, juga disarankan untuk tidak mengkonsumsi kopi secara berlebihan. Karena bisa menyebabkan gangguan pada kesehatan.Semoga bermanfaat.

Related For Bahaya Atau Efek Samping Kopi Untuk Ibu Hamil