Menu

Ayo Intip, Beberapa Keluhan Hamil Saat Trimester ke 3

Agustus 4, 2016 | Kehamilan | 875 Pengunjung

Keluhan kehamilan trimester ke 3 berbeda dengan trimester sebelumnya. Pasalnya pada saat trimester terakhir ini keluhan ibu hamil semakin lebih komplit, rasa tidak nyaman yang sering mengganggu sehingga membuat ibu hamil mengalami kejadian-kejadian aneh. Namun, hal tersebut wajar dialami oleh ibu hamil saat memasuki trimester terakhir. Terkait dengan perihal diatas, apakah keluhan hamil saat trimester ke 3 atau terakhir? Penasaran ya? Yuk, langsung saja kita simak lansirannya yang ada dibawah ini.

 keluhan kehamilan trimester ke 3

Beberapa keluhan kehamilan trimester ke 3

Nyeri dan bengkak

Tahukah bunda keluhan kehamilan trimester ke 3 adalah sering merasakan nyeri dan bengkak. Keluhan ini membuat wanita hamil merasa tidak nyaman dan terganggu. Nah, agar bengkak yang diderita semasa hamil bisa terobati, hindari konsumsi makanan berkadar garam tinggi. Makanan tersebut bila dikonsumsi bisa menimbulkan penyumbatan darah. Kejadian itu yang terjadi dalam tubuh bisa beresiko kaki dan tangan bengkak. Agar pembekakan yang terjadi dikaki dan tangan cepat sembuh pijat dengan minyak.

Mudah merasa lelah

Salah satu keluhan kehamilan trimester ke 3 adalah mudah merasa lelah. Keluhan mudah lelah yang dialami saat hamil ini disebabkan berat badan yang semakin bertambah lebar dan besar. Bahkan melakukan aktivitas saat hamil besar juga bisa membuat mudah berkeringat dan gerah. Nah, keluhan ini bisa diatasi dengan cara menghindari sepatu bertumit dan menggunakan pakaian longgar. Sebab bila saat hamil sering menggunakan sepatu bertumit akan membuat otot jadi kaku, baju longgar yang digunakan saat hamil bisa membuat mudah bergerak.

Sembelit

Selanjutnya keluhan kehamilan trimester ke 3 adalah sembelit. Rasa sembelit yang diderita saat hamil membuat tidak nyaman. Masalah ini harus segera diatasi segera mungkin agar tidak berlanjut sampai lama. Cara mengatasi sembelit pada wanita hamil ini adalah dengan konsumsi makanan yang kaya akan serat, misalnya buah dan sayur. Selain makan ternyata olahraga juga bisa menyembuhkan sembelit yang dialami saat hamil trimester terakhir. Dengan melakukan olahraga rutin sistem organisme dalam tubuh bisa lancar sehingga keluhan sembelit bisa cepat teratasi.

Baca Juga :   Buah Yang Harus Dihindari Ibu Hamil

Tanda-tanda bahaya kehamilan trimester 3

Tanda bahaya memang menjadi masalah kehamilan yang patut diketahui oleh semua orang, yang mana keadaan pada wanita hamil yang mengancam jiwa ibu dan juga janin yang ada dalam kandungannya. Tanda-tanda bahaya pada masa kehamilan bisa saja terjadi kapan saja, mungkin saja pada saat kehamilan masih muda, atau pun pada kehamilan lanjut. Tak jarang pula pada saat menjelang proses persalinan. Tanda bahaya dalam kehamilan ini memang harus Anda wasapadai, sehingga ibu hamil dan juga anak yang ada dalam kandungannya tetap sehat dan selamat.

Tanda-tanda bahaya kehamilan trimester 3

  • Terjadinya pendarahan pervagina. Setiap terjadinya pendarahan yang keluar dari liang senggama pada wanita hamil setelah 28 minggu biasanya disebut dengan pendarahan antepartum. Yang mana pendarahan ini harus bisa diperhatikan penuh, sebab adalah tanda bahaya yang bisa saja mengancam nyawa ibu dan juga janin dalam kandungan. Pendarahan bisa keluar sedikit-sedikit akan tetapi hal ini terjadi secara terus menerus, lama-lama ibu akan menderita anemia berat. Selain itu, pendarahan ini juga bisa keluar sekaligus banyak yang nantinya akan sebabkan ibu hamil alami syok, lemas, dan tekann darah menurun. Selain itu, terjadinya pendarahan pervagina m pada kehamilan trimester 3 ini termasuk kriteria tanda bahaya merupakan pendarahan yang banyak, warna merah, dan kadang-kadang tapi tidak terlalu sering yang juga disertai dengan nyeri.
  • Sakit kepala hebat. Sakit kepala umumnya terjadi selama masa kehamilan dan seringkali menjadi ketidaknyamanan normal dalam masa kehamilannya tersebut. Sakit kepala ini dapat saja terjadi jika ibu hamil kurang beristirahat, terlalu capek, atau pun menderita tekanan darah tinggi. Sakit kepala yang menunjukkan adanya suatu masalah yang cukup serius adalah sakit kepala yang hebat dan menetap serta tidak kunjung hilang walaupun sudah beristirahat.
  • Penglihatan jadi kabur. Dikarenakan oleh pengaruh hormonal, sehingga menjadikan ketajaman penglihatan ibu hamil bisa saja berubah dalam kehamilannya. Perubahan ringan merupakan hal yang normal terjadi, masalah visual yang telah mengindikasikan keadaan yang bisa mengancam jiwa ibu serta janin adalah perubahan visual dadakan, contohnya pandangan kabur atau pun berbayang.
  • Bengkak pada wajah dan jari tangan. Edema atau bengkak merupakan terjadinya penimbunan cairan secara umum dan berlebih di dalam jaringan tubuh, dan umumnya bisa diketahui dengan cara adanya kenaikan berat badan serta terjadinya pembengkakan di kaki, jari tangan, dan wajah. Bengkak juga bisa menunjukkan adanya masalah serius bila muncul pada wajah dan tangan, tidak hilang walaupun sudah beristirahat yang cukup.
Baca Juga :   Cara Senam Kegel Dan Manfaat Senam Kegel

Demikian tadi beberapa keluhan kehamilan dan tanda tanda bahaya  trimester ke 3 yang bisa dijadikan rambu-rambu untuk menjaga kesehatan. Semoga informasi yang kami bagikan mengenai keluhan kehamilan saat trimester ke 3 bermanfaat untuk semua.

Related For Ayo Intip, Beberapa Keluhan Hamil Saat Trimester ke 3