Apakah Penyebab Penyakit Herpes Kelamin

Apakah Penyebab Penyakit Herpes Kelamin

Apakah Penyebab Penyakit Herpes Kelamin | Sekitar 90 % seseorang yang telah terinfesi penyakit herpes kelamin ini tak sadar bahwasannya dirinya telah terinfeksi. Sebab selain gejalanya tak disadari oleh penderita, penderita tersebut sering sekali merasa bahwasannya pasangan seksualnya tak berpenyakit. Padahal penyakit herpes ini mudah sekali menular pada orang yang sudah terbiasa bergonta-gati pasangan seksual.

Apakah Penyebab Penyakit Herpes Kelamin

Penyakit herpes genitalis atau yang juga disebut dengan penyakit herpes kelamin adalah salah satu jenis penyakit menular seksual atau PMS yang ditakuti oleh banyak orang sebab susah sekali untuk disembuhkan. Hubungan seksual yang sehat merupakan salah satu cara cegah penularan terbaik, tapi sayangnya masih ada beberapa mitos yang telah beredar mengenai herpes genitalis.

Penyakit herpes merupakan infeksi atau pun peradangan maupun gelembung lecet pada kulit, khususnya di bagian kelamin (penis, vagina, termasuk halnya di pintu dubur dan pantat serta pangkal paha), yang disebabkan oleh virus herpes simplex. Virus ini terdiri atas dua jenis yakni tipe 1 atau HSV 1 umumnya disebabkan oleh penyakit herpes mulut, yakni infeksi di mulut dan bibir.

Adapun gejala umum dikenal sebagai luka lepuh. Di masa laku tipe 1 ini tak diketahui bisa sebabkan herpes kelamin. Akan tetapi hal tersebut telah berubah, khususnya di kalangan orang-orang yang memulai berhubungan seksual di usia muda. Akan tetapi di banyak kasus, herpes kelamin ini disebabkan oleh adanya virus herpes tipe 2 atau HSV 2.

HSV 2 ini umumnya tinggal di syaraf. Pada saat virus tersebut aktif, maka dia akan bergerak ke bagian permukaan daerah yang telah terinfeksi (kulit atau pun selaput lendir) dan juga menjadikan salinan dari dirinya sendiri. Yang mana pada saat tersebut virus baru ini bisa menular kepada orang lain. Lalu mereka akan lakukan perjalanan kembali lewat syaraf ke ganglion, umumnya di dasar tulang belakang dan juga tertidur untuk sementara waktu saja.

Penyebab penyakit herpes kelamin

Penyebab penyakit herpes kelamin ini merupakan virus yang telah ditularkan virus varicella zoster berawal dari cacar air, pada saat seseorang terserang penyakit cacar air, maka virus tersebut akan menetap ke dalam kondisi tak aktif atau pun laten di salah satu maupun lebih pusat syaraf posterior.

Pada saat daya imnunitas seseorang lagi menurun maka virus ini akan aktif kembali dan tersebar lewat syaraf tepi menuju ke kulit sehingga yang demikian menimbulkan penyakit herpes. Virus akan perbanyak diri dan bentuk bintik kecil berwarna merah dan juga menggelembung berisikan cairan di daerah kulit yang telah dilalui oleh virus tersebut.

Penyakit kulit satu ini umumnya sering sekali terjadi pada orang lanjut usia dan juga penderita imunosupresif atau pun seseorang dengan sistem imunitas lemah, sehingga bisa dikatakan bahwasannya salah satu penyebab penyakit herpes di kulit merupakan kurangnya asupan nutrisi untuk dapat tingkatkan daya imunitas tubuh.
Gajala awalnya yang biasanya ditunjukkan oleh penderita herpes diantaranya adalah diawali dengan demam tinggi lalu akan tunjukkan gejala lain setelah 8 hari. Selain itu, kulit akan terasa seperti terbakar dan jadi lebih sensitive lagi selama kurang lebih beberapa minggu, rasa sakit di bagian tubuh yang terkena virus tersebut, munculnya bintik merah di kulit yang sakit sampai akhirnya jadi gelembung berisikan air serta berkelompok, gatal-gatal, dan sesak nafas.

Demikian informasi tentang penyebab herpes kelamin yang bisa kami bagikan. Semoga saja bermanfaat dan menginspirasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *