Menu

Apa Itu Penyakit Herpes Genitalis

Februari 20, 2017 | JadiSehat, Tips Sehat | 224 Pengunjung

Apa Itu Penyakit Herpes Genitalis | Herpes genitalis ini merupakan infeksi yang terjadi pada alat kelamin yang dapat menulari pria dan juga wanita. Penyakit satu ini dari infeksi menular seksual atau pun IMS sebab biasanya ditularkan lewat hubungan seks (vagina, oral, dan anal). Infeksi yang telah terjadi disebabkan oleh adanya virus herpes simpleks ata pun yang paling serig disebut dengan HSV.

Apa Itu Penyakit Herpes Genitalis.

Pada saat aktif, virus satu ini nantinya akan berkembang dan juga bergerak diantara sel-sel syaraf. HSV bisa saja menular dan juga masuk ke dalam tubuh lewat berbagai membrane mukosa. Membrane mukosa merupakan jaringan lunak basah yang telah melapisi bagian yang terbuka dari tubuh.

Membrane mukosa tersebut ada di beberapa bagian tubuh dan juga bersinggungan secara langsung dengan kulit, yakni di dinding mulut, bagian dalam telinga, kelopak mata, di dalam saluran urine, dinding vagina serta anus. Penyebab penyakit herpes genitalis ini adalah virus herpes simpleks. Herpes kadang juga tidak timbulkan gejala tertentu, akan tetapi orang yang telah terinfeksi akan tetap bisa tularkan virus tersebut, sebab gejalanya yang terbilang cukup ringan, atau sekitar 80 % orang yang akan terinfeksi tak menyadari bahwasannya mereka telah menderita penyakit herpes.

Penyebab utama penyakit herpes genitalis

Penyebab penyakit herpes genitalis merupakan virus herpes simpleks. Yang mana virus ini dibagi jadi dua macam, yakni tipe 1 atau HSV 1 dan juga tipe 2 atau HSV 2. Kedua jenis virus tersebut tentunya sangat mudah sekali menular dan juga penularannya terjadi dari kontak secara langsung dari seseorang yang telah terinfeksi. Penyakit herpes juga terkadang tak menimbulkan gejala tertentu, tetapi orang yang telah terinfeksi tetap bisa tularkan virus tersebut, sebab gejalanya yang terbilang ringan, sekitar 80 % orang yang telah terinfeksi tak sadari bahwasannya mereka lagi menderita herpes.

Obat penyakit herpes genitalis

Tak ada obat yang dapat dipergunakan untuk sembuhkan infeksi HSV. Obat anti virus yang dipergunakan pun hanya bisa kendalikan gejala yang muncul akibat dari infeksi virus satu ini. Obat-obatan anti herpes yang lebih sering dipergunakan adalah famsiklovir, valasiklovir, dan uga asiklovir.

Gejala penyakit herpes genitalis

Kadang virus herpes simpleks atau HSV ini tak sebabkan gejala sebab virus tersebut mampu bersembunyi di dalam tubuh maupun sifat laten. Virus yang bersembunyi dari sistem kekebalan tubuh di dalam sel-sel syaraf. Pada saat kambung, virus ini nantinya akan aktif kembali dan juga bergerak menuju ke kulit lewat syaraf sehingga sebabkan luka yang baru.

Bagi yang baru pertama kalinya terinfeksi oleh jenis penyakit herpes ini mungkin saja tak akan perlihatkan adanya gejala-gejala dan juga sebagai akibatnya mereka tak akan tahu bahwasannya dirinya telah terinfeksi virus tersebut. Gejala dari penyakit herpes genitalis bisa berupa :

• Luka terbuka dan tampak merah tanpa adanya sensasi rasa sakit, geli, atau gatal
• Sensasi rasa gatal sakit, atau geli di daerah genital atau anal
• Luka lepuh lalu pecah dan terbuka di sekitar genital, paha, rectum, dan juga bokong
• Sakit di punggung bawah
• Alami gejala flu seperti demam, hilangnya nafsu makan, dan juga kelelahan
• Adanya cairan yang telah keluar dari vagina

Demikianlah tadi sekilas informasi tentang penyakit herpes genitalis yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat.

Related For Apa Itu Penyakit Herpes Genitalis