Menu

8 Cara Mengobati Batuk Berdahak Secara Alami

Maret 14, 2017 | Batuk | 289 Pengunjung

Cara mengobati batuk berdahak yang sering dilakukan oleh banyak orang adalah dengan membeli obat dari apotek. Dan banyak juga penderita batuk yang sengaja  membiarkan penyakitnya itu karena berkeyakinan bahwa pasti akan sembuh dengan sendirinya. Sebenarnya ada banyak cara-cara yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan atau mengobati  batuk berdahak, termasuk dengan cara-cara alami atau tradisional . Perlu kita ketahui penggunaan bahan alami untuk mengobati batuk hampir tidak memiliki efek samping negative. Selain itu cara pengobatan alami juga mampu mengobati batuk dengan cepat.

cara mengobati batuk berdahak

Kita tau batuk adalah salah satu penyakit yang umum dialami oleh banyak orang. Batuk dapat disebabkan oleh banyak macam faktor, mulai dari batuk yang disebabkan oleh suatu hal dan atau batuk yang merupakan gejala atau tanda adanya suatu penyakit yang sedang dialami oleh seseorang. Jika Anda mengalami batuk yang berkepanjangan baik itu batuk kering ataupun batuk berdahak, sebaiknya hal tersebut perlu diwaspadai, karena bisa jadi itu merupakan suatu gejala penyakit kanker tenggorokan atau bisa juga sebagai pertanda paru-paru mengalami gangguan, mungkin itu bronkitis atau penyakit lainnya.

Cara mengobati Batuk Berdahak Dengan Bahan Alami

Walaupun batuk berdahak merupakan salah satu penyakit ringan, tapi penyakit ini cukup mengganggu aktivitas keseharian kita jika tidak segera sembuh. Batuk berdahak bisa disebabkan oleh berbagai hal, beberapa diantaranya adalah virus, infeksi paru-paru atau saluran pernapasan, penyakit pada paru-paru yang sudah kronis, asam lambung naik, atau dapat juga disebabkan oleh kebiasaan buruk seperti merokok. Mengobati batuk berdahak dengan cara alami juga sebenarnya cukup efektif, tapi mungkin karena kurangnya pengetahuan sehingga kita tidak pernah menggunakan cara acara ini . Dan berikut ini kami sampaikan beberapa macam cara mengobati batuk berdahak secara alami yang dapat Anda coba.

  1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan salah satu bahan yang bisa kita gunakan untuk  mengobati batuk berdahak secara alami dan juga cepat, Jeruk nipis  bekerja secara langsung mengatasi lendir pada tenggorokan. Jeruk nipis adalah merupakan obat tradisional yang paling banyak di gunakan untuk mengobati batuk Berdahak. Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan perasan air jeruk nipis dengan air hangat dan anda juga dapat menambahkan madu. Perbandingan antara perasan jeruk nipis, air dan madu adalah 1:5:3. Selain itu ada juga cara lain yang lebih mudah, yaitu dengan cara mencampurkan perasan jeruk nipis dengan kecap manis. Cara ini juga cukup efektif digunakan sebagai cara mengobati batuk berdahak pada anak-anak maupun orang dewasa  jika dikonsumsi dua kali sehari dengan takaran satu sendok makan.

  1. Kunyit

Berikutnya ada kunyit yang sudah lama dipercaya oleh banyak orang Indonesia sebagai salah satu rempah yang dapat kita manfaatkan sebagai obat batuk berdahak alami. Cara membuat obat tradisional untuk batuk berdahak dari kunyit ini adalah dengan menumbuk kunyit, lalu campurkan dengan madu kemudian campur dengan segelas susu hangat. Campuran Kunyit , madu dan susu ini dinilai sebagai cara mengobati batuk yang cukup efektif, dan anda bias mencobanya.

  1. Teh Jahe
Baca Juga :   5 Tips Rumahan Untuk Mengatasi Batuk Yang Membandel - Bagian 1

Anda pasti sudah dapat membayangkan hangat dan nikmatnya minuman jahe ini. Campuran antara Irisan jahe dengan teh hangat cukup efektif untuk membantu mengobati batuk berdahak. Anda juga Bisa menambahkan sedikit madu agar tidak terlalu pahit (jangan tambahkan madu saat teh masih panas). Tapi ingat jika kita tidak memiliki madu di rumah jangan menambahkan gula karena hal itu akan memperparah batuk Anda. Anjuran mengonsumsi teh jahe ini dua kali sehari agar batuk berdahak Anda segera mereda.

  1. Belimbing Wuluh

Taukah Anda apa itu buah belimbing wuluh?, buah ini adalah buah berukuran kecil yang menyerupai belimbing, berwarna hijau dan rasanya sangat masam.  Belimbing Wuluh juga dipercaya cukup efektif untuk  mengobati batuk berdahak baik itu pada anak-anak  atau pada orang dewasa. Cara membuatnya cukup mudah yaitu dengan mencampurkan belimbing wuluh bersama beberapa butir adas, dan air secukupnya. Lalu rebus campuran tersebut dan ambil airnya. Minum ramuan ini dua kali sehari hingga batuk berdahak Anda sembuh.

  1. Daun Kemangi

Daun yang memiliki aroma wangi yang khas ini ternyata juga bisa kita gunakan sebagai obat alami untuk mengobati batuk berdahak. Cara membuatnya pun sangatlah mudah, yaitu dengan cara merebus 2-3 lembar daun kemangi dan 1-2 gelas air putih. Minum ramuan ini saat masih hangat agar tenggorokan terasa lebih lega sehingga batuk berdahak akan lekas sembuh.

  1. Air Putih Hangat

Cara yang satu ini adalah yang paling mudah yang bisa kita lakukan. Ketika Anda mulai merasa bahwa dahak yang ada di tenggorokan sulit untuk dikeluarkan, minumlah atau setidaknya berkumurlah dengan air putih hangat agar dahak lebih mudah keluar dari tenggorokan.

  1. Daun Sirih

Cara mengobati batuk berdahak berikutnya adalah dengan menggunakan daun sirih. Untuk membuatnya adalah dengan cara merebus lima lembar daun sirih, cengkeh, kemukus, kapulaga dan kayu manis dengan dua gelas air. Kemudian tunggu hingga air rebusan berkurang menjadi setengah gelas, saring airnya dan minumlah sebanyak tiga kali sehari satu sendok makan. Memang ramuan daun sirih ini rasanya agak aneh. Tapi ramuan tradisional ini ternyata cukup efektif untuk meredakan batuk berdahak.

  1. Madu dan Lada Putih

Madu dan Lada Putih, kombinasi antara keduanya cukup unik dan Anda pun mungkin baru mengetahuinya, akan tetapi kombinasi antara lada putih dan madu ini sudah digunakan oleh orang-orang Indonesia sejak dulu kala sebagai salah satu cara ampuh mengobati batuk berdahak secara alami dan cepat.

Baca Juga :   Tips Hidup Sehat Alami Mengatasi Flu dan Pilek Dengan 8 Tips (Bag-1)

Selain 8 cara tradisional di atas, ada beberapa tips penting supaya batuk berdahak cepat sembuh:

  • Selalu jaga kebersihan gigi dan mulut, gosok gigi secara teratur sesudah makan dan sebelum tidur, ini akan memudahkan dahak keluar dan membantu mengurangi kuman-kuman penyebab batuk.
  • Hindari minum air dingin, selalu jaga kondisi tubuh selalu hangat.
  • Hindari mengonsumsi gorengan, makanan yang mengandung vetsin berlebih, serta kurangi konsumsi gula.
  • Jaga kondisi tubuh agar tidak menurun karena melakukan aktivitas yang berlebihan.

Cara Mengobati Batuk Berdahak pada Anak secara Alami

Meskipun cara-cara tradisional tadi diperbolehkan untuk dikonsumsi oleh anak-anak, akan tetapi anak-anak pasti tidak selalu menyukai rasa ramuan alami tersebut. Anak-anak akan lebih memilih obat-obatan dari apotek karena  rasanya lebih enak dan bervariasi, dan banyak pilihan rasa.

Pada umumnya anak-anak akan lebih menyukai ramuan jeruk nipis, belimbing wuluh dan air putih hangat. Mungkin dikarenakan rasanya yang mudah di terima oleh anak dan masih tergolong enak. Aturan minum untuk anak usia 7 hingga 11 bulan berikan obat 3×1 sendok teh setiap hari, Untuk anak usia 1 hingga 2 tahun 3×1 setengah sendok makan, sedangkan anak berusia 3 hingga 5 tahun 3×1 satu sendok makan setiap harinya.

Selain itu madu juga sangat disukai oleh anak-anak karena rasanya yang manis, berikan 1/2 sendok the madu untuk anak usia 2 hingga 5 tahun, dan 1 sendok teh untuk yang berusia 6 hingga 11 tahun. Anda juga bisa menambahkan sedikit perasan jeruk nipis jika si Kecil suka.

Dan juga tidak kalah penting adalah untuk selalu menjaga kehangatan tubuh anak, berikan baju hangat dan hindarkan dari udara dingin. Memberikan obat gosok juga dapat membantu melegakan batuk anak, oleskan pada bagian dada, punggung, dan leher. Selain mampu memberikan kehangatan pada tubuh anak, aroma dari obat gosok juga mampu melegakan tenggorokan.

Meskipun obat-obat tradisional yang terbuat dari bahan alami pada umumnya tidak menimbulkan efek samping negative, Tapi ada kalanya juga muncul efek samping pada sebagian orang, maka dari itu sebaiknya dicoba sedikit terlebih dahulu untuk melihat apakah ada timbul reaksi yang tidak diinginkan atau tidak, seperti terjadi sakit perut karena rasa asam atau reaksi lainnya. Demikianlah informasi mengenai cara mengobati batuk berdahak pada orang dewasa dan anak-anak. Sekian dan semoga bermanfaat.

Related For 8 Cara Mengobati Batuk Berdahak Secara Alami