Menu

7 Manfaat Asam Jawa Untuk Menyembuhkan Penyakit

Januari 3, 2017 | JadiSehat, Tips Sehat | 178 Pengunjung

Manfaat Asam Jawa Untuk Menyembuhkan Penyakit | Banyak dari kita yang memanfaatkan asam jawa sebagai bumbu tambahan dalam masakan atau juga bisa dijadikan minuman segar dan juga bisa dijadikan bahan campuran dalam pembuatan jamu. Asam jawa banyak juga ditemukan di Indonesia karena merupakan tanaman yang tumbuh pada iklim tropis dan termasuk pada jenis tanaman berbuah polong yang memiliki batang yang keras dan daun  yang rindang. Kandugan dari asam jawa sangat brmanfaat bagi kesehatan kita karena dengan segudang mineral penting seperti kalori, protein, hidrat arang, lemak, fosfor, zat besi, vitamin C, B1 dan juga vitamin A  dimiliki oleh asam jawa.

Manfaat Asam Jawa

Manfaat Asam Jawa Untuk Menyembuhkan Penyakit

Bukan hanya buahnya saja yang mengandung manfaat tapi kulit bijinya juga mengandung phlobatannin serta kandungan albuminoid pada bagian bijinya. Asam jawa juga dikenal bisa menyembuhkan beberapa penyakit seperti dibawah ini:

1. Obat bisul.

Sebagai obat bisul anda bisa mengambil buah asam yang matang dan rendam dalam air sampai mengembang, tambahkan irisan temulawak, gula aren dan rebus sampai airnya menyusut dan minum airnya sekali sehari sampai bisul sembuh. Anda juga bisa membuat obat gosok untuk bisul anda caranya dengan mencampurkan asam jawa dengan sedikit garam dan minyak. Usapkan pada bisul anda sampai bisul mengempes.

2. Penyakit Demam.

Biasanya jika ada anggota keluarga kita  yang mengalami demam maka kita segera bergegas kedokter atau paling tidak akan membeli obat parasetamol ke apotek. Namun jika anda tahu bahwa kita bisa membuat obat demam dengan cara merebus satu genggam daun asam jawa dan adas kemudian saring airnya minumlah dua kali sehari pagi serta sore.

Baca Juga :   Gejala Kanker Kulit Di Punggung yang Sering Diabaikan

3. Untuk mengobati sakit perut.

Apabila kita mengalami sakit perut maka buatlah obat menggunakan asam jawa ini dengan mencampurkan tiga polong asam jawa yang telah dimasak kemudian dicampur kapur sirih dan minyak kayu putih . Setelah tercampur rata gosokan pada perut yang sakit, untuk obat dalam minumlah rebusan air asam jawa dan gula aren.

4. Obat luka.

Biasanya jika kita memiliki luka, saat akan sembuh pasti berasa gatal bukan? nah untuk mengobati bekas luka yang telah mengering anda bisa memanfaatkan asam jawa dengan menyeduhnya dengan air matang lalu gosokan pada bekas luka tadi.

5. Penyakit Batuk kering.

Untuk menyembuhkan batuk kering anda bisa membuat campuran tiga potong asam jawa dan setengah genggam daun saga rebus dalam 4 gelas air dan biarkan sampai air asat hingga tinggal setengahnya, saring dan minum setiap pagi dan sore.

6. Susah buang air besar.

Caranya mudah saja yaitu dengan menyeduh asam jawa dengan air matang tambahkan gula merah untuk pemanis kemudian minumlah sampai masalah sembelit teratasi.

7. Penyakit Asma.

Penyakit asma memang bisa datang kapan saja maka dari itu kita bisa menyediakan dua potong kulit batang asam jawa beserta adas dan rebus, setelah itu menyaring airnya dan minum 2 kali sehari.

Nah itulah khasiat asam jawa yang dapat membantu kita mengatasi berbagai macam penyakit yang sering kita dapati. Sediakanlah selalu asam jawa jika memang anda menginginkan penyembuhan secara alami.

Related For 7 Manfaat Asam Jawa Untuk Menyembuhkan Penyakit