Menu

7 Keluhan Kehamilan Trimester Pertama

Januari 8, 2017 | Hamil, JadiSehat | 688 Pengunjung

Keluhan Kehamilan Trimester Pertama – Trimester pertama dalam kehamilan berlangsung selama 3 bulan, periode awal kehamilan ini sering membuat Ibu hamil mengalami perubahan, yang lebih kentara terlihat adalah perubahan psikis. Selain itu trimester pertama terkadang dianggap periode awal kehamilan yang sangat berat dilewati karena membutuhkan perjuangan yang luar biasa untuk menghadapi rasa mual, muntah, lelah, nyeri punggung, perubahan mood, kram, sering berkemih, dan konstipasi. Ada baiknya saat merencanakan kehamilan seorang wanita mengetahui mana yang merupakan keluhan normal dan abnormal. Untuk itulah kami mencoba membagikan informasi bagi Anda mengenai keluhan kehamilan di trimester pertama yang harus Anda ketahui. Seperti di bawah ini terdapat keluhan yang masuk dalam kondisi normal, yakni:

Keluhan Kehamilan Trimester Pertama

Keluhan Kehamilan Trimester Pertama

  1. Perasaan mual

Mual di trimester awal kehamilan adalah kondisi normal yang disebut juga keluhan morning sickness. Sembilan dari sepuluh Ibu hamil mengalami rasa mual yang sering mengalami klimaks dari pagi hingga malam. Mual bukanlah kondisi yang membahayakan dan ditakutkan, namun Anda harus segera menanganinya dengan hindari konsumsi makanan berlemak, atur pola istirahat, cukupi kebutuhan cairan, makanlah dalam porsi kecil dan sering. Jika akibat mual dan muntah berlebihan membuat berat badan turun, dehidrasi, hingga frekuensi mual dan muntah lebih sering maka kemungkinan Anda mengalami hiperemesis gravidarum sehingga harus berkonsultasi dengan dokter.

  1. Nyeri Punggung

Nyeri punggung terjadi akibat perubahan yang terjadi pada Ibu hamil yang akan dirasa di trimester pertama hingga mengalami peningkatan di trimester akhir yang dibarengi dengan pegal pada leher dan pembengkakan di kaki. Segera atasi agar tidak mengganggu aktivitas Anda dengan atur istirahat yang cukuo dan berendan di air hangat. Konsultasikan dengan dokter jika ingin melakukan pijat, baiknya pilih tempat pijat untuk Ibu hamil. Nyeri punggung memang akan hilang dengan sendirinya, namun terkadang membuat Ibu hamil sering mengeluh dengan ketidaknyamanan ini, sehingga dianjurkan untuk berolahraga rutin agar Anda tetap bugar.

  1. Sering Lelah dan Mengalami Perubahan Mood
Baca Juga :   Manfaat Bubur Kacang Hijau Untuk Kesehatan

Kondisi ini dipengaruhi dari perubahan hormon yang membuat Ibu hamil lebih sensitif yang mengakibatkan rasa mudah lelah, malas, hingga bersedih. Tidak perlu dikhawatirkan, namun ada baiknya jika langsung diatasi agar Ibu hamil terhindar dari stress atau depresi. Untuk itu selalu berdiskusi dengan suami atas apa yang dirasa, sehingga sang suami dapat lebih ekstra memperhatikan Istri, kehamilan, dan calon bayi dalam kandungannya.

  1. Sering Buang Air Kecil

Ibu hamil akan kerap mondar-mandir toilet untuk buang air kecil yang disebabkan oleh hormon HCG yang membuat peningkatan aliran darah ke daerah panggul selama hamil. Ini juga disebut dengan kondisi berkemih yang disertai dengan ginjal yang berada dalam kondisi lebih baik akibat sisa produk metabolisme lebih cepat dikeluarkan lewat urin. Kandung kemih akan terdesak mengikuti kehamilan yang semakin besar sehingga kondisi berkemih akan meningkat. Kondisi ini memang dimulai dari trimester pertama hingga trimester akhir mengingat kandungan akan kian membesar.

  1. Gangguan pada Pencernaan

Kerap kali kondisi heart burn dirasa oleh Ibu hamil. Kondisi ini sangat terasa di bagian balik tulang dada atau tenggorokkan, kemudian akan disertai sendawa, kembung, hingga buang gas akibat perubahan hormon progesteron yang merelaksasi otot polos Ibu hamil. Selain keluhan pada pencernaan juga terkadang membuat Ibu hamil merasa pusing, untuk mengatasinya konsumsilah makanan sehat secara teratur, tingkatkan asupan cairan, istirahat cukup, dan hindari stress.

Penjelasan mengenai keluhan kehamilan di trimester pertama di atas merupakan keluhan yang normal terjadi di trimester pertama. Sementara di bawah ini merupakan beberapa keluhan yang harus diwaspadai dan segera diatasi dengan cepat karena dapat mengganggu kesehatan kehamilan Anda. Berikut ini keluhan kehamilan yang harus diwaspadai, yakni:

  1. Mengalami Pendarahan
Baca Juga :   Penyebab Masuk Angin Paling Sering

Kondisi janin di trimester pertama memang terbilan masih lemah karena di usia ini terkadang janin tidak bisa bertahan hidup sehingga terjadilah keguguran. Pendarahan yang normal jika hanya terjadi bercak yang tidak berlangsung lama, namun kondisi dimana Ibu hamil merasa sakit saat pendarahan maka sebaiknya lakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui kondisi kehamilan Anda.

  1. Demam Tinggi

Jika dalam keadaan demam suhu tubuh mencapai 38 derajat celcius maka Anda harus segera memeriksakan diri. Hal ini ditakutkan akan terjadi infeksi yang mengakibatkan demam tinggi, jadi Anda akan mendapatkan perawatan intensif secepatnya. Namun jika suhu tubuh tidak lebih dari 38 derajat celcius maka tak perlu ditakutkan, mengingat suhu Ibu hamil lebih tinggi dari suhu normal pada wanita yang sedang tidak hamil.

Demikianlah tadi ulasan kita kali ini tentang keluhan kehamilan di trimester pertama. Semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat, khususnya bagi anda atau pasangan anda yang sedang dalam masa kehamilan.

Related For 7 Keluhan Kehamilan Trimester Pertama