Menu

6 Sumber Protein Terbaik Bagi Vegetarian

Mei 3, 2016 | JadiSehat | 2.104 Pengunjung

6 Sumber Protein Terbaik Bagi Vegetarian – Sebagaimana uraian artikel yang telah disimak oleh Sahabat Informasi Kesehatan tentang protein beberapa waktu yang lalu, maka keberadaan protein memang sangat penting untuk membangun otot dan kesehatan umum. Untuk diketahui bahwa untuk tetap sehat dan mempertahankan struktur otot dalam tubuh, seorang wanita membutuhkan sekitar 46 gram protein dan seorang pria sekitar 56 gram. Protein dapat diperoleh dari berbagai sumber makanan seperti daging, sayuran dan lentil.

Tempe - 6 Sumber Protein Terbaik Bagi Vegetarian

Tempe – 6 Sumber Protein Terbaik Bagi Vegetarian

Namun, terdapat kesalahan persepsi ketika seseorang memutuskan menjadi vegetarian atau vegan berakibat akan kehilangan banyak protein. Persepsi ini jelas tidak benar karena ada banyak makanan vegetarian yang mampu menyuplai protein sebanyak protein daging. Dan keuntungan terbaik dari protein nabati adalah tidak adanya kandungan lemak yang tinggi sebagaimana protein dari daging.

Berikut ini 6 Sumber Protein Terbaik Bagi Vegetarian versi mag for woman. com, yaitu :

1. Quinoa

Quinoa dibudidayakan di ketinggian tinggi Bolivia dan Peru sebagaimana makanan pokok penduduk di sana selama berabad-abad. Kandungan proteinnya tinggi, yakni 185 gram quinoa mengandung 8,14 gram protein. Quinoa juga bisa dimasak dalam banyak cara membuatnya menjadi makanan alternatif yang lezat.

2. Tempe

Selama ini tempe merupakan sumber protein utama untuk vegetarian. Tempe merupakan produk fermentasi, tebal dan kenyal dan pengolahannya seperti tahu. Secangkir tempe memiliki sekitar 15 gram protein. Tempe berbahan kedelai dan memiliki kandungan serat yang lebih memudahkan pencernaan. Meski kandungan protein dan kelezatannya tidak sama dengan daging, namun tempe menawarkan sumber protein bagi vegetarian.

3. Almond dan Mentega Almond

Kandungan protein dari sejumlah almond mencukupi kebutuhan protein tubuh seseorang. Mentega yang terbuat dari almond juga kandungan racunnya rendah dan dapat digunakan sebagai pengganti mentega biasa atau selai kacang. Minyak almond juga bisa digunakan untuk memasak, meskipun beresiko kehilangan beberapa protein dalam proses memasak tersebut.

4. Kacang-kacangan dan Lentil

Hanya secangkir lentil memiliki kandungan protein lebih dari tiga ons daging sapi. Ini bisa dikonsumsi mentah ataupun dimasak.

Kacang merah, kacang hitam dan hampir semua jenis kacang-kacangan juga cukup tinggi kandungan protein pada masing-masing jenisnya. Kacang bisa direbus sebagai camilan atau mencampurnya ke dalam masakan atau makanan kita.

5. Telur dan Yoghurt

Dua makanan ini adalah sumber besar protein bagi semua orang, bukan semata untuk kaum vegetarian. Pastikan memilih jenis plain yogurt yang telah terproses karena masing-masing tidak mengandung jumlah protein yang sama. Disamping itu konsumsi satu telur di pagi hari dapat memenuhi kebutuhan protein harian.

6. Bayam

Ingat film Popeye si Pelaut yang yang berotot setelah makan sekaleng bayam. Meskipun film ini mungkin melebih-lebihkan namun manfaat bayam sangatlah besar. Kandungan protein dalam bayam memiliki jumlah protein yang cukup untuk kebutuhan tubuh.

Related For 6 Sumber Protein Terbaik Bagi Vegetarian