Menu

6 Cara Menghilangkan Kutil Di Wajah Secara Alami

Maret 17, 2017 | Kulit, Uncategorized | 2.394 Pengunjung

6 Cara Menghilangkan Kutil Di Wajah Secara Alami . – Kutil  menjadi salah satu masalah kulit yang cukup banyak dialami oleh masyarakat, adapun hingga saat ini diketahui bahwa penyebabnya adalah Human Papiloma Virus atau HPV.  HPV akan menyerang lapisan kulit dan meningkatkan produksi keratin pada area kulit. Sebagai akibatnya jumlah protein keras ini melebihi jumlah yang dibutuhkan tubuh, sehingga kelebihan kreatin akan menumpuk pada area kulit tertentu. Peran HPV dalam menimbulkan reaksi menyebabkan kutil bisa menular terutama jika kontak langsung dengan kulit penderitanya ataupun dengan benda-benda yang telah terkontaminasi virus ini. Proses penularan ini akan jauh lebih mudah dan lebih cepat jika menyerang seseorang dengan sistem kekebalan tubuh yang sedang menurun, pada anak-anak dan remaja.

Cara Menghilangkan Kutil Di Wajah

Secara umum kutil berbentuk bulat berdiameter 0,1 hingga 1 cm dan menonjol ke permukaan kulit. Benjolan dengan tekstur yang kasar ini bisa muncul di sekitar mulut atau hidung dan dapat juga muncul di bagian tubuh lain seperti di tangan dan leher. Kutil yang berada di wajah tentu sangat mengganggu, meskipun umumnya tidak menimbulkan rasa sakit namun keberadaannya tentu akan membuat kita menjadi kurang percaya diri. Itulah sebabnya kenapa beberapa orang rela merogok kocek yang tidak sedikit untuk mengobati kutil. Anda tidak perlu khawatir jika mengalami masalah yang sama, karena pada saat ini sudah muncul berbagai pengobatan yang efektif untuk mengobati kutil termasuk dengan cara tradisional. Selain mudah, biaya yang dikeluarkan juga relatif lebih kecil bahkan beberapa bahan berkhasiat dapat diperoleh dengan cuma-cuma.

6 Cara Menghilangkan Kutil Di Wajah Secara Alami

Selengkapnya berikut ini adalah 6 cara menghilangkan kutil di wajah secara alami yaitu :

  1. Cuka Apel

Cuka apel. Beberapa dari Anda mungkin merasa asing dengan jenis cairan yang satu ini. Dalam menghilangkan kutil di kulit wajah, cuka apel bekerja dengan cara menyerang virus di lapisan kulit yang berada di sekitar kutil dan mengelupasnya kutil. Senyawa asam malat dan asam laktat yang terkandung didalamnya juga mampu melembutkan kulit. Kedua senyawa ini juga efektif untuk mengatasi jerawat. Selain itu cuka apel juga mengandung vitamin A, B1, B2, enzim, pectin dan asam amino yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan kulit.

Cuka apel sangat berbeda dengan cuka yang kita kenal selama ini, cuka apel aman digunakan untuk semua jenis kulit dan tidak akan menimbulkan iritasi ataupun perih pada kulit karena memang tingkat keasamannya cocok untuk kulit. Cara menghilangkan kutil di wajah secara alami dengan menggunakan cuka apel sangatlah mudah, Anda hanya perlu mengambil sekitar satu sendok teh cuka apel dan setengah sendok teh air bersih aduk-aduk hingga tercampur sempurna. Sebelumnya bersihkan terlebih dahulu wajah setelah itu oleskan campuran tersebut pada area kulit yang terdapat kutilnya dengan menggunakan kapas. Lakukan perawatan ini sebelum tidur kemudian bilas keesokan harinya.

  1. Kulit Pisang
Baca Juga :   Gejala Kanker Payudara dan Cara Mencegahnya

Bukan sesuatu yang mengherankan jika sebagain besar masyarakat sering membuang kulit pisang, dan mungkin Anda juga demikian. Tidak banyak diketahui bahwa kulit pisang memiliki banyak manfaat khususnya bagi kesehatan. Adanya mineral dan zat-zat yang terkandung dalam kulit pisang ternyata ampuh untuk menghilangkan kutil. Adanya enzim proteolitik yang terkadung didalamnya memiliki aktivitas untuk menguraikan protein, memecah dan juga mengelupas kutil dari kulit sehat. Bagi Anda yang tertarik dengan cara murah meriah ini hanya perlu mengerok bagian dalam kulit pisang kemudian tempelkan pada area kulit yang terdapat kutilnya kemudian tutup dengan menggunakan kain. Lakukan perawatan ini dua kali sehari secara rutin hingga kutil menghilang.

  1. Bawang Merah

Mungkin akan terasa perih saat bawang merah menyentuh kutil, namun bumbu dapur ini ampuh mengatasi kutil pada wajah. Dalam beberapa kajian diketahui bahwa bawang merah memiliki aktivitas sebagai antivirus alami  kemampuannya ini membuat bawang merah disebut-sebut dapat membunuh virus penyebab kutil dan mencegahnya kembali.  Cara menghilangkan kutil di wajah secara alami dengan menggunakan bawang merah sangatlah mudah, Anda hanya perlu mengiris-iris bawang merah dan menempelkannya di bagian kulit yang terdapat kutil. Setelah itu tutup dengan menggunakan kain dan rekatkan menggunakan plester. Selain dengan mengiiris tipis bawang merah Anda juga dapat menghaluskannya.

  1. Bawang Putih

Masih kelompok bawang-bawangan, bawang putih juga bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin menghilangkan kutil di area wajah secara tradisional caranya tidak jauh berbeda dengan pemakaian bawang merah. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menumbuk bawang putih hingga halus dan letakkan di area kulit yang ada kutilnya, kemudian perban dengan menggunakan kain kemudian rekatkan dengan plester sehingga tumbukan bawang putih ini bisa merekat dengan baik pada kulit. Gantilah dengan ramuan bawang putih yang baru setiap dua kali sehari, tujuannya adalah agar kutil cepat kempis dan menghilang. Kandungan minyak allicin pada bumbu dapur yang satu ini berkhasiat sebagai antiviral yang mampu membunuh virus penyebab kutil. Anda juga dapat menggunakan bawang putih yang sudah ditumbuk halus untuk mengobati jerawat.

  1. Lemon
Baca Juga :   4 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Bahan dari alam selanjutnya yang bisa digunakan untuk mendukung cara menghilangkan kutil di wajah secara alami adalah lemon. Senyawa asam sitrat yang terkandung dalam air lemon mampu membunuh virus HPV penyebab kutil. Secara umum lemon banyak digunakan untuk memutihkan kulit wajah, hal ini tidak terlepas dari kandungan vitamin c yang efektif untuk mengangkat sel kulit mati sehingga membuat kulit tampak lebih cerah. Selain itu lemon juga dapat menutrisi kulit yang membuatnya menjadi lebih sehat. Dalam kaitannya untuk menghilangkan kutil di area wajah, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengoleskan air perasan lemon pada kutil sebanyak tiga kali sehari.

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya menjadi tanaman yang sangat terkenal ditengah masyarakat, khasiatnya di dunia kesehatan maupun kecantikan tentu tidak diragukan lagi. Tahukah Anda jika ternyata lidah buaya juga ampuh untuk menghilangkan kutil? Untuk mengaplikaikan obat tradisional penghilang kutil dari lidah buaya sangatlah mudah, Anda hanya perlu mengoleskan lendir lidah buaya di area wajah yang terdapat kulit. Lakukan dengan rutin hingga kutil menghilang.

Itulah 6 cara menghilangkan kutil di wajah secara alami. Selain melakukan pengobatan secara tradisional sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter, terutama jika kutil telah menimbulkan rasa sakit atau bahkan menyebabkan pendarahan. Untuk mengobati kutil secara tuntas ketahui faktor-faktor yang dapat menyebabkan timbulnya kutil di wajah, hal ini bertujuan agar Anda dapat mengindari penyebabnya sehingga kutil tidak datang kembali. Seperti yang dibahas diawal jika penyabab kutil adalah HPV, adapun virus ini dapat dengan mudah berkembang biak di tempat-tempat yang kotor dan lembab ataupun bersuhu hangat. Oleh karena itu disarankan untuk selalu menjaga kebersihan diri. Kutil di area wajah juga bisa disebabkan oleh luka yang disebabkan pisau cukur dan pemakaian handuk yang telah terpapar virus HPV.

Related For 6 Cara Menghilangkan Kutil Di Wajah Secara Alami