5 Tips Rumahan Untuk Mengatasi Batuk Yang Membandel

5 Tips Rumahan Untuk Mengatasi Batuk Yang Membandel

5 Tips Rumahan Untuk Mengatasi Batuk Yang Membandel – Pada musim-musim penghujan dan pancaroba seperti ini, dimana flu dan demam juga lagi menjadi musim, apalagi dengan disertai batuk yang membandel, yang dapat menimbulkan rasa sakit di dada kita. Kondisi ini pasti juga banyak dirasakan dan dialami orang-orang di sekitar kita, tentunya tak terkecuali Sahabat Informasi Kesehatan.

Batuk - 5 Tips Rumahan Untuk Mengatasi Batuk Yang Membandel
Batuk – 5 Tips Rumahan Untuk Mengatasi Batuk Yang Membandel

Gangguan pilek dan flu diketahui bukan satu-satunya masalah yang menjadi penyebab batuk. Alergi, asma, asam refluks, udara kering dan merokok merupakan penyebab umum dari gangguan batuk. Dan bahkan pada penggunaan obat-obatan tertentu, seperti untuk tekanan darah tinggi dan alergi juga dapat menyebabkan batuk kronis. Selain itu, akibat efek samping dari terapi enzim inhibitor angiotensin-converting pun dapat pula menjadi sebab gangguan batuk ini.

Kebanyakan orang dapat merawat batuk mereka di rumah dengan menggunakan obat-obatan yang dijual bebas di apotik atau toko obat. Sedangkan sbagian yang lain menggunakan obat herbal batuk pilek dan batuk berdahak. Dan sebagian yang lain juga menggunakan pelega tenggorokan batuk, menghilangkan alergen potensial atau bahkan dengan melakukan mandi uap. Namun untuk lebih tepatnya dalam menangani gangguan batuk ini ada baiknya apabila kita menyimak 5 Tips Rumahan Untuk Mengatasi Batuk Yang Membandel di bawah ini.

1. Upayakan untuk tetap terhidrasi

Fakta menunjukkan bahwa Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) seperti pilek atau flu akan menyebabkan postnasal drip. Apabila kondisi tersebut juga dibarengi dengan sekresi tambahan akan menimbulkan efek berlanjut ke bagian belakang tenggorokan, lalu mengiritasi hingga kadang-kadang menyebabkan batuk. Oleh karena itu dengan menjaga tetap terhidrasi pada daerah tersebut yakni dengan meminum cairan maka akan dapat membantu untuk menjaga selaput lendir lembab, terutama pada saat udara dingin dan kering. Selain itu, fungsi yang utama terhidrasi yang harus dipahami adalah cairan minum tersebut dapat membantu menipiskan lendir di postnasal drip tersebut.

2. Gunakan Tablet Hisap dan Minuman Hangat

Penggunaan tablet hisap batuk rasa mentol akan dapat memberikan efek mati rasa pada tenggorokan di bagian belakang dimana rangsangan batuk mudah timbul, sehingga akan timbul kecenderungan terjadinya penurunan refleks batuk. Selain itu, meminum teh hangat dengan madu telah banyak terbukti secara klinis juga dapat menenangkan tenggorokan. Cara ini akan makin memaksimalkan penggunaan obat herbal batuk pilek dan batuk berdahak.

3. Mandi Air Panas dan Menggunakan Humidifier

Dengan melakukan mandi air panas akan dapat membantu meredakan batuk karena aktivitas ini dapat melonggarkan sekresi di hidung. Aktivitas ini tidak saja mampu meredakan batuk yang disebabkan oleh pilek, namun juga batuk yang ditimbulkan oleh alergi dan asma. Selain itu, penggunaan humidifier yang hati-hati dan tidak berlebihan juga dapat digunakan untuk membantu meredakan batuk. Karena alat ini dapat melembabkan kembali udara pada saluran pernafasan kita yang kering atau tidak berada dalam top performance-nya.

Batuk - 5 Tips Rumahan Untuk Mengatasi Batuk Yang Membandel
Batuk – 5 Tips Rumahan Untuk Mengatasi Batuk Yang Membandel

Nah, apabila saluran pernafasan kita diibaratkan sebagai rumah atau ruangan yang berada dalam kondisi kering, maka akibatnya sekresi hidung (ingus) dapat menjadi kering dan tidak nyaman, serta menjadi salah satu sebab pemicu batuk.

Namun demikian kelemahan dari alat ini apabila kita tidak membersihkannya, maka alat ini menjadi tempat penyimpanan atau reservoir yang dapat memompa keluar jamur, cendawan serta bakteri ke udara.

4. Reduksi Iritasi Dari Udara

Penggunaan parfum dan semprotan mandi beraroma mungkin bagi kebanyakan orang tampak lumrah dan tak berbahaya atau tak beresiko. Namun bagi sebagian orang akan dapat menyebabkan iritasi sinus kronis serta menghasilkan lendir tambahan yang mengarah ke batuk kronis. Pengendalian terhadap produk ini dengan cara menghindari produk beraroma tersebut akan dapat membawa dampak baik serta mereduksi resiko iritasi.

Telah diketahui bahwa iritasi terburuk di udara adalah asap. Dan perokok memberikan kontribusi pula terhadap hal ini. Pada hampir semua perokok akhirnya mengembangkan apa yang disebut sebagai batuk perokok. Nah ironisnya semua orang yang berada di sekitar perokok berpeluang besar menderita beberapa jenis iritasi pada saluran napasnya. Untuk mengatasi masalah ini maka solusi terbaiknya adalah perokok harus menghentikan kebiasaan merokoknya. Karena batuk kronis yang parah yang kemungkinan ditimbulkan oleh asap yang potensi terbesarnya ditimbulkan perokok, akan dapat menjadi tanda emfisema atau kanker paru-paru pada perokok tersebut. Oleh karena itu segera kunjungi dokter kita apabila kita merupakan seorang perokok dengan batuk kronis.

5. Ambil Obat untuk Mengobati Batuk

Apabila upaya meredakan batuk dengan mandi beruap, teh panas, tablet hisap ataupun obat herbal batuk pilek dan batuk berdahak.tidak membantu meredakan batuk, kini saatnya kita beralih ke obat-obatan batuk yang dijual bebas di toko obat ataupun apotik untuk meredakan gangguan batuk ini. Namun ada baiknya kita gunakan dosis yang rendah terlebih dahulu dan memahami jenis dari obat obat batuk tersebut, yakni :

– Dekongestan, jenis ini dapat meredakan hidung tersumbat oleh menyusut jaringan hidung bengkak dan mengurangi produksi lender serta mampu mengeringkan lendir di paru-paru dan membuka saluran napas. Biasanya berbentuk pil, cairan dan semprotan hidung dengan banyak nama merek. Hati-hati dan ketahuilah bahan fenil efrin dan pseudoefedrin sebagai bahan aktif yang terkandung dalam dekongestan

Kontra indikasi dari obat dengan kandungan ini dapat meningkatkan tekanan darah, sehingga orang-orang dengan hipertensi harus berhati-hati dengan penggunaannya. Penggunaan dekongestan yang sering dapat menyebabkan kekeringan yang berlebihan serta justru dapat memicu batuk kering.

Sedangkan penggunaan semprot hidung dekongestan lebih dari 3 atau 4 hari, dapat menyebabkan pembengkakan dan kemacetan mukosa hidung yang mengikuti efek vasodilator obat dekongestan. Masa terbaik penggunaannya yaitu selama 2 atau 3 hari dan kemudian berhenti.

– Ekspektoran dan Batuk Penekan, jenis ini untuk batuk yang membuat dada sakit hingga mengganggu tidur malam kita. Oleh karena itu sebaiknya obat ini diminum menjelang tidur malam, disamping juga karena kandungan dextromethorphan untuk menekan batuk. Sedangkan untuk batuk yang cukup tebal berdahak, penggunaan jenis obat batuk ekspektoran batuk dengan bahan guaifenesin akan meringankan batuk karena mampu menipiskan lendir.

Hal-hal lain yang perlu mendapatkan perhatian kita, yaitu penggunaan obat batuk dan flu yang dijual bebas untuk anak di bawah usia 4 dapat menimbulkan efek samping yang serius bagi anak-abak. Selain itu, batuk yang disebabkan oleh flu biasanya akan hilang dalam beberapa minggu. Sedangkan yang kronis, batuk persisten dapat disebabkan oleh masalah medis yang mendasari seperti alergi, asma, tanda emfisema atau kanker paru-paru atau asam refluks – atau oleh obat-obatan yang digunakan. Pengobatan batuk harus dilakukan pengobatan terhadap masalah mendasar penyebab batuk tersebut. Selanjutnya, apabila berlangsung lebih dari 4 minggu, atau batuk darah atau mengalami gejala lain seperti penurunan berat badan, menggigil, atau kelelahan maka sebaiknya segera kunjungi dokter terdekat. Karena jika demikian halnya maka sebenarnya kita sudah tidak bisa mengandalkan penyembuhan batuk dari obat-obat batuk yang dijual bebas ataupun obat herbal batuk pilek dan batuk berdahak.