Menu

5 Makanan Sehat Bagi Penderita Diabetes

Januari 2, 2017 | JadiSehat, Tips Sehat | 149 Pengunjung

Makanan Sehat Bagi Penderita Diabetes | Bagi anda yang memiliki penyakit dibetes memang harus jeli dalam pemilihan makanan setiap harinya, karena diabetes merupakan penyakit yang mengharuskan penderitanya menghindari berbagai makanan yang dapat memicu kadar gula darah dan insulin meningkat. Jenis makanan yang harus dijauhi terutama adalah yang banyak mengandung gula karena makanan manis ini dapat mengakibatkan masalah yang buruk bagi kesehatan terutama pada jantung, ginjal, saraf dan mata. Untuk itu penderita diabetes harus menjaga kadar karbohidrat dan mengkonsumsi jenis makanan yang bisa menurunkan kolesterol dan tekanan darah.

Makanan Sehat Bagi Penderita Diabetes

Jika orang terdekat anda mengalami diabetes mungkin anda dapat memberikan beberapa jenis makanan yang direkomendasikan bagi penderita diabetes seperti dibawah ini.

5 Makanan Sehat Bagi Penderita Diabetes.

1. Ikan salmon.
Mengkonsumsi ikan salmon dua kali seminggu dapat membantu menurunkan resiko penyakit jantung dan mengurangi peradangan serta tekanan darah tinggi yang diakibatkan oleh diabetes. Ikan salmon mengandung asam lemak dan omega -3 yang dapat mengontrol tekanan gula darah dalam tubuh.

2. Kacang.
Kacang ternyata juga dapat menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh. Kacang kaya akan serat, magnesium, protein dan lemak baik yang memang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Namun tetap perhatikan porsinya, jangan terlalu banyak mengkonsumsi kacang ini sebab jika dikonsumsi terlalu berlebihan dapat menimbulkan peradangan .

Makanan Sehat Bagi Penderita Diabetes

3. Ubi jalar.
Selain mengenyangkan karena didalam ubi jalar banyak terkandung serat, makanan ini juga mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Ubi jalar juga bisa menggantikan karbohidrat dari nasi dan kentang dan baiknya lagi karbohidrat dalam ubi jalar tidak mempengaruhi kadar gula sehingga aman untuk dimakan.

4. Jahe.
Jahe yang sering kita konsumsi sebagai bahan pembuat minuman ini ternyata dapat menjaga keseimbangan gula darah dalam tubuh. Bagi anda penderita diabetes bisa mengkonsumsi pil jahe setiap hari untuk mencegah peningkatan kadar gula. Namun jika anda sedang mengkonsumsi obat pencahar sebaiknya anda konsultasikan dengan dokter boleh atau tidak jika dibarengi meminum pil jahe ini.

Baca Juga :   Kandungan Lemah? Konsumsi Makanan Penguat Kandungan Ini

5. Kayu manis.
Kayu manis ternyata juga dapat menjaga bahkan dapat menurunkan kadar gula bagi penderita diabetes. Meski belum diketahui secara pasti berapa banyak porsi yang harus dikonsumsi setiap harinya namun tidak ada salahnya untuk sedikit mencampurka kayu manis ini pada menu sarapan anda misalnya mencampurkan kayu manis pada satu mangkok oatmeal anda.
Mencegah memang lebih baik daripada mengobati, sehingga mulailah untuk mengganti menu harian anda dengan makanan yang memang baik untuk anda terutama bagi anda para penderita diabetes.

Related For 5 Makanan Sehat Bagi Penderita Diabetes