Menu

5 Jenis Makanan Penambah Hemoglobin

November 14, 2016 | Makanan Sehat | 473 Pengunjung

5 Jenis Makanan Penambah Hemoglobin – Kita mungkin telah mengenal dan mengetahui banyak hal tentang protein yang mengandung zat besi yang terdapat pada sel darah merah. Protein ini lebih familiar disebut sebagai hemoglobin. Protein memegang fungsi dan peran yang vital dalam sistim metabolisme tubuh kita.

Pasti Sahabat JadiSehat telah mengetahui fungsi dari hemoglobin, yaitu sebagai pengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh manusia. Nah, bagaimana jika tubuh kita mengalami kekurangan zat tersebut? Yup, benar sekali, kekurangan hemoglobin mampu menyebabkan infeksi, anemia, atau bahkan pendarahan.

Sayuran - 5 Jenis Makanan Penambah Hemoglobin

Sayuran – 5 Jenis Makanan Penambah Hemoglobin

Oleh sebab itu untuk mencegah berbagai macam penyakit yang diakibatkan oleh kekurangan zat ini, maka sebaiknya mulai dari sekarang kita mengonsumsi makanan-makanan yang memiliki fungsi sebagai penambah hemoglobin. Jadi untuk menambah hemoglobin dapat dilakukan dengan 5 makanan ini, antara lain:

1. Sayuran

Bayam, kubis, sawi, brokoli, bunga kol, lobak, ketela, kacang polong, bit atau beetroot, kacang merah, kacang lima, dan kacang hitam merupakan sayuran yang paling cepat meningkatkan hemoglobin kita. Khusus untuk bit memiliki kemampuan untuk meregenerasi zat besi dan mengaktifkan sel-sel darah merah dalam tubuh. Jadi, mulailah dari sekarang untuk memasukkan salah satu jenis sayuran tersebut ke dalam menu diet kita sehari-hari.

2. Buah-buahan

Diantara sekian banyak buah-buahan yang memiliki banyak kandungan vitamin dan serat, maka terdapat buah-buahan yang mampu meningkatkan hemoglobin adalah kismis, plum, buah ara, buah malaka, aprikot, apel, jeruk, jeruk limau, dan juga jeruk bali.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mungkin bukanlah makanan favorit setiap orang, itulah mungkin beberapa orang tidak menyukai jenis makanan ini. Namun demikian, sebaiknya kita pertimbangkan makanan ini mengingat manfaatnya yang begitu besar bagi peningkatan kadar hemoglobin dalam darah kita yang terlalu rendah. Seperti kebanyakan jenis kacang-kacangan, maka kacang almond merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang mengandung zat besi dan ini dapat kita manfaatkan untuk meningkatkan hemoglobin dalam darah kita.

Baca Juga :   Makanan Untuk Kesehatan yang menyebabkan Bau Mulut

4. Daging sapi

Kandungan zat besi banyak terdapat pada daging sapi. Oleh karena itu daging ini mampu meningkatkan jumlah hemoglobin dengan cepat. Selain itu, daging sapi juga bisa diserap oleh tubuh dengan cepat. Namun demikian, sebaiknya dalam mengkonsumsi daging ini dalam batas kewajaran, karena apabila daging sapi dikonsumsi secara berlebihan dapat berpotensi menyebabkan terserang penyakit kardiovaskular atau pun penyakit lainya.

5. Sereal, roti dan pasta

Sebaiknya kita periksa dengan teliti komposisi dari sereal, roti gandum maupun pasta yang kita konsumsi. Pada ketiga jenis makanan ini kebanyakan mengandung zat besi yang tinggi. Dan yang patut mendapat perhatian kita yaitu gandum yang dikenal baik untuk dikonsumsi sebagai menu diet harian.

Menurunnya kandungan hemoglobin dalam darah, yang umumnya disebut sebagai anemia, secara umum memang dialami oleh para wanita yang sedang haid. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan hal ini juga terjadi pada kaum pria. Pada kaum pria juga bisa kekurangan hemoglobin karena fator penyebab yang lain. Oleh sebab itu, sebaiknya tetap menjaga kesehatan dan menjaga kadar hemoglobin dalam darah dengan mengkonsumsi serta menambah hemoglobin dapat dilakukan dengan 5 makanan di atas.

Related For 5 Jenis Makanan Penambah Hemoglobin