Menu

4 Ciri-Ciri Penyakit Pankreas yang Perlu Diwaspadai

Januari 2, 2017 | JadiSehat, Tips Sehat | 2.250 Pengunjung

Ciri-Ciri Penyakit Pankreas | Kita mungkin masih kurang paham mengenai penyakit yang terjadi pada pankreas kita. Pankreas yang kita miliki terletak di belakang lambung dan memproduksi cairan pankreas serta hormon, termasuk hormon insulin juga dihasilkan oleh pankreas kita, sehingga jika pankreas kita tidak mampu bekerja dengan baik maka banyak sekali akibat yang akan ditimbulkan dan mengancam kesehatan kita. Salah satu masalah yang dapat terjadi pada pankreas kita adalah peradangan yang akan membuat penyumbatan dan beresiko kanker. Maka dari itu sangat perlu bagi kita untuk mengetahui ciri-ciri yang dapat ditimbulkan jika pankreas kita sedang mengalami gangguan. Beberapa gejala yang harus kita waspadai adalah sebagai berikut:

Ciri-Ciri Penyakit Pankreas

4 gejala yang bisa ditimbulkan dari penyakit pankreas.

1. Cepat merasa lelah.
Seperti layaknya organ lainnya pankreaspun juga bisa terkena kanker. Namun sayangnya kanker pankreas sulit dipahami gejalanya karena memang kanker pankreas tidak menimbulkan gejala awal yang signifikan. Namun ada sedikit tanda yang bisa kita jadikan patokan bahwa itu merupakan gejala dari kanker pankreas, biasanya ketika seseorang terkena penyakit ini, kondisi badannya malai menurun sehingga akan sangat mudah merasa lelah, lesu dan tak bersemangat. Bisa pula diikuti berubahnya warna mata yang seharusnya berwarna putih berganti menjadi kuning atau bisa juga dengan sebutan penyakit kuning.

2. Mual.
Pankreatitis juga bisa diakibatkan karena cairan yang dihasilkan pankreas malah menyarang pankreas itu sendiri, kondisi ini dapat mengakibatkan organ lain tidak dapat bekerja secara maksimal. Pankreatitis biasanya menyerang seseorang yang sering mengkonsumsi minuman beralkohol, trauma pankreas dan mungkin karena efek samping yang ditimbulkan oleh obat-obatan kimia. Gejala yang terjadi bisa mual, muntah serta diare.

3. Sakit perut.
Gejala sakit perut memang sering kita rasakan dan gejala ini memang bisa menandakan adanya beberapa penyakit salah satunya adalah pankreas. Saat pankreas meradang atau dikenal dengan sebutan pankreatitis dapat mengakibatkan sakit perut, baik yang akut ataupun kronis, pada kondisi akut sakit terjadi tiba-tiba dan berlangsung cepat. Sedang dalam kondisi kronis sakitnya bisa disertai dengan nyeri pada perut dan terjadi  secara terus menerus dan akan bertambah buruk apalagi bila setelah makan.

4. Penurunan berat badan.
Jika pankreas mengalami masalah  atau tidak menghasilkan cairan dan hormon yang dibutuhkan dalam proses pencernaan, akan menyebabkan kita kehilangan berat badan dan kekurangan gizi padahal nafsu makan kita tidak terganggu sama sekali. Penurunan berat badan yang drastis bisa terjadi karena tubuh tidak mampu menyerap lemak.

Kita harus selalu waspada dan peka terhadap gejala apapun yang kita alami pada tubuh kita sehingga jika memang benar ada masalah atau sesuatau yang tidak wajar dapat kita cegah sedini mungkin.

Related For 4 Ciri-Ciri Penyakit Pankreas yang Perlu Diwaspadai