Menu

4 Ciri-ciri Bahwa Tubuh Kurang Serat

Januari 2, 2017 | JadiSehat | 414 Pengunjung

Ciri-ciri Bahwa Tubuh Kurang Serat | Asupan serat dalam tubuh memang sangat dibutuhkan setiap harinya oleh tubuh kita. Serat digunakan tubuh untuk banyak proses yang saling berhubungan dalam tubuh, sehingga jika tubuh kita kekurangan serat tentunya dapat berakibat pada masalah kesehatan dan resiko terserang penyakit sangatlah besar misalnya penyakit jantung, diabetes dan masih banyak lagi yang memang kita tidak bisa menyepelekannya. untuk mengetahui bahwa tubuh kita kekurangan serat kita dapat mengenalinya dengan ciri seperti berikut ini.

Ciri-ciri Bahwa Tubuh Kurang Serat

4 Ciri yang menandakan tubuh kita kekurangan serat.

1. Perut mudah kembung.
Perut kembung juga bisa merupakan tanda bahwa tubuh kita kekurangan serat, namun kita juga harus tahu bahwa jika kita  berlebihan dalam mengkonsumsi serat perutpun akan terasa kembung. Jika tubuh terlalu sedikit mendapat pasokan serat maka organ dalam proses pencernaan akan terperangkap didalam saluran cerna dan hal itu yang menyebabkan perut menjadi kembung dan susah buang air besar.

2.Mengantuk.
Sering kita alami setelah kita selesai makan akan mudah sekali merasakan kantuk hal itu bisa disebabkan karena makanan yang kita makan terlalu sedikit kadar seratnya. Maka dari itu pilihlah menu makan yang banyak mengandung serat dan janganlah makan terlalu banyak dan melebihi porsi perut kita.

3. Bentuk feses.
Ketika kita buang air besar ada baiknya untuk selalu memperhatikan bentuk feses yang kita keluarkan. Selain susah buang air besar ketika tubuh kita kekurangan serat biasanya feses yang kita keluarkan akan berbentuk kecil dan keras seperti kerikil atau baso kecil. Bentuk feses yang baik akan berbentuk lurus panjang  atau berbentuk seperti huruf c.

4. Sering merasa lapar.
salah satu ciri bahwa tubuh kita kekurangan serat adalah kita akan cepat merasa lapar hal itu terjadi karena makanan yang kita makan tidak mengandung serat yang cukup untuk tubuh.

Makanan yang banyak mengandung serat akan membantu kita kenyang lebih lama. Kekurangan serat memang dapat memicu penyakit dalam tubuh. Peranan serat sangat penting karena dapat menjaga berat badan dan menstabilkan kadar gula dalam tubuh maka dari itu penuhilah kebutuhan serat harianmu.

Related For 4 Ciri-ciri Bahwa Tubuh Kurang Serat