4 Cara Sederhana Mengatasi Buta Warna

4 Cara Sederhana Mengatasi Buta Warna

Jenis penyakit atau gangguan pada indera penglihatan sangat bermacam-macam. Salah satunya gangguan penglihatan yang kerap menjangkiti masyarakat di Indonesia adalah buta warna. Gangguan ini membuat penglihatan penderitanya terhadap beberapa warna menjadi terbatas. Tapi jangan takut, sebab ada beberapa cara untuk mengatasi buta warna.

Buta warna disebabkan oleh masalah pada bagian pigmen reseptor. Bagian tersebut adalah bagian yang digunakan untuk menerima warna. Jika bagian itu hilang atau mengalami gangguan, maka penglihatan kita terhadap beberapa warna menjadi terganggu. Namun, buta warna juga bisa disebabkan oleh faktor gen atau faktor keturunan.

Cara Mengatasi Buta Warna

Jika Anda menganggap bahwa penderita buta warna tidak bisa melihat semua warna, maka anggapan itu salah. Karena tidak semua warna tak terlihat oleh para penderita buta warna. Warna-warna yang biasa sulit dilihat oleh penderita buta warna adalah warna-warna cerah seperti biru, hijau dan merah.

Cara Mengatasi Buta Warna

Sampai saat ini belum ada obat untuk mengatasi gangguan ini. Lalu, bagaimana cara mengatasi gangguan buta warna ini? Berikut ini beberapa cara mengatasi buta warna yang cukup mudah, yang bisa Anda coba.

1. Terapi

Salah satu cara paling ampuh untuk mengatasi gangguan buta warna adalah terapi. Ada beberapa jenis terapi yang bisa dipilih. Biasanya, pada sesi terapi penderita akan diberikan beberapa cara berbeda untuk melihat warna yang tak bisa dilihatnya, seperti menghapal pola atau kombinasi gambar yang ada. Dengan terapi yang dilakukan terus menerus, kita bisa mengatasi masalah buta warna tersebut meskipun tidak secara keseluruhan.

2. Pengobatan Alternatif

Memilih pengobatan alternatif untuk mengurangi gangguan buta warna juga bisa dijadikan sebuah opsi. Saat ini sudah banyak praktek pengobatan alternatif yang khusus menangani penyakit mata, termasuk buta warna. Biasanya, pada pengobatan alternatif mata dari si penderita akan dipijat-pijat. Hal ini untuk memberikan rangsangan pada syaraf-syaraf mata.

3. Alat Bantu Khusus

Perkembangan dunia teknologi dan medis membuat banyak sekali penemuan-penemuan baru. Salah satunya alat bantu bagi penderita buta warna. Saat ini sudah ada dan mulai dikembangkan kacamata dan kontak lens yang khusus dibuat untuk para penderita buta warna. Alat bantu tersebut dianggap cukup ampuh untuk mengatasi masalah buta warna tersebut.

4. Konsumsi Vitamin A

Vitamin A merupakan vitamin yang sangat bagus untuk kesehatan mata. Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A dapat menghindarkan kita dari serangan buta warna. Banyak sekali jenis makanan yang bisa dipilih mulai dari Pisang, Wortel, Apel hingga berbagai macam jenis buah dan sayuran lainnya.

Itu tadi beberapa cara mengatasi buta warna yang bisa kita coba. Buta warna memang belum bisa disembuhkan secara total. Tapi, dengan melakukan berbagai cara yang sudah disebutkan di atas, gangguan buta warna akan bisa berkurang dengan cukup baik. Jadi, tak ada salahnya untuk mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *