Menu

3 Cara Mengatasi Sakit Kepala Saat Haid / Menstruasi

September 5, 2016 | Kepala, Menstruasi | 333 Pengunjung

Cara Mengatasi Sakit Kepala Saat Haid / Menstruasi – ada beberapa hal yang sering kali terjadi ketika seorang wanita haid /menstruasi, salah satunya adalah sakit kepala. Haid atau menstruasi adalah hal yang sangat dipengaruhi oleh hormonal.

Ada 2 macam rasa sakit kepala yang sering di alami ketika wanita sedang haid atau menstruasi, yang pertama sakit kepala yang terasa tajam seperti tertusuk, dan yang ke-2 sakit kepala yang tumpul atau seperti di ikat kuat. dan jenis sakit kepala yang sering di alami adalah migraine.

Cara mengatasi sakit kepala saat haid

Mengapa timbul sakit kepala migraine saat haid ? berikut penjelasannya, Sesaat sebelum haid akan terjadi penurunan kadar hormon esterogen dalam tubuh, hal ini akan memicu migraine. Migraine dalam bahasa kedokteran biasa disebut dengan catamenial migraine. 

Jenis migrain yang dialami ketika haid ada 2 macam, yaitu migrain tanpa aura, dan migrain dengan aura. Aura yang dimaksud adalah gejala-gejala yang dialami sebelum terjadinya migrain. Aura ini biasanya berupa :

  1. Rasa seperti kesemutan
  2. Mencium bau yang tidak biasa
  3. Kilatan cahaya , dll

Selain migrain sakit kepala saat haid atau menstruasi dapat juga disebabkan oleh hal-hal lain seperti, PMS (premenstrual syndrome) . Anda juga dapat mengetahui penyebab pasti dari penyebab sakit kepala anda dengan berkonsultasi ke dokter spesialis syaraf.

Cara Mengatasi Sakit Kepala Saat Haid / Menstruasi

Ada 3 cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi, atau mengobati sakit kepala ketika haid atau menstruasi. yaitu sebagai berikut :

1. Latihan Relaksasi

Relaksasi atau menenangkan diri, adalah cara yang efektif membantu melemaskan otot otot tegang yang menyebabkan sakit kepala, dengan melakukan relaksasi perlahan anda akan merasa tenang dan sakit kepala anda dapat berkurang atau bahkan hilang.

Baca Juga :   Cara Mengatasi Sariawan pada Anak

2. Kompres Dengan Es Batu

Anda juga dapat mengompres bagian leher anda atau pada bagian kepala yang sakit menggunakan es batu, hal ini juga dapat menenangkan otot otot yang tegang sehingga sakit kepala anda akan segera menghilang.

3. Meminum obat penahan nyeri haid

Obat penahan nyeri haid akan membuat anda lebih nyaman ketika haid, sehingga kemungkinan terjadinya sakit kepala saat haid akan berkurang. Anda bisa mengkonsumsi Obat penahan nyeri tersebut beberapa hari sebelum haid hingga haid anda selesai.

Agar lebih aman sebaiknya anda mengkonsultasikan terlebih dahulu pada dokter anda, atau dokter terdekat.

Demikian yang dapat kami sampaikan terkait topik 3 Cara Mengatasi Sakit Kepala Saat Haid / Menstruasi , semoga dapat menambah wawasan anda dan juga dapat bermanfaat bagi anda, khususnya para wanita indonesia. terima kasih.

Related For 3 Cara Mengatasi Sakit Kepala Saat Haid / Menstruasi