20 Manfaat Mengejutkan Kopi Bagi Kesehatan, Bagian Pertama

20 Manfaat Mengejutkan Kopi Bagi Kesehatan, Bagian Pertama

Manfaat kopi bagi kesehatan – Kopi sering mendapat kecaman buruk dan kita mengetahui itu. Kecaman itu mungkin semata didasarkan pada segala sesuatu yang berkaitan dengan kandungan kafein yang dimilikinya terhadap noda yang tertinggal pada gigi kita. Tetapi kenyataannya menunjukkan bahwa manfaat untuk minuman ini jauh lebih besar daripada banyaknya hal negatif yang dikecamkan pada minuman kopi ini. Dan mungkin kita sering melupakan fakta Sahabat Informasi Kesehatan bahwa kopi adalah jauh lebih dari sekedar kafein.

20 Manfaat Mengejutkan Kopi Bagi Kesehatan, Bagian Pertama
20 Manfaat Mengejutkan Kopi Bagi Kesehatan, Bagian Pertama

Dalam bentuk aslinya, kopi adalah makanan yang mengandung antioksidan dan sejumlah nutrisi yang bermanfaat. Namun harus dipahami terlebih dahulu kuncinya adalah dengan mengetahui dimana menemukan kopi berkualitas tinggi. Selain itu, bagaimana menghindari kehilangan salah satu manfaat kesehatan dengan mengurangi kandungan gizi atau menambah zat berbahaya, seperti bahan-bahan buatan ke dalamnya.

Ketersediaan biji kopi yang luar biasa tersebut membuat memilih kopi menjadi pilihan yang mudah. Apalagi kopi-kopi terbaik dunia telah banyak dihasilkan dari produsen-produsen kopi kelas dunia, seperti Panama dan Kosta Rika, serta beberapa kopi terbaik di dunia lainnya. Namun terlepas itu semua, yang harus dipahami bahwa terdapat beberapa alasan hingga diperoleh manfaat kopi bagi kesehatan yang harus kita ketahui dan pahami demi kebaikan kita bersama, yakni:

1. Minum kopi membantu membakar lebih banyak kalori

Dalam sebuah penelitian yang pernah dilakukan di Spanyol, atlet yang minum setara dengan 12 ons kopi sebelum berlatih ternyata mampu membakar sekitar 15% lebih banyak kalori setelah berolahraga selama tiga jam. Bahkan jika kita tidak berhasil, minum kopi juga telah terbukti meningkatkan metabolisme antara 10% sampai 20% untuk konsumsi kopi 1-2 cangkir per hari.

2. Kopi meningkatkan sirkulasi

Menurut sebuah penelitian di Jepang, minum lima ons dalam secangkir kopi telah terbukti menyebabkan dorongan 30% dalam aliran darah kapiler. Peningkatan sirkulasi darah menghasilkan oksigenasi yang lebih baik bagi jaringan tubuh kita dengan sejumlah manfaat, seperti meningkatkan kinerja dalam kegiatan fisik.

3. Kopi memiliki efek pengurang rasa nyeri

Penelitian dari University of Illinois menyebut bahwa 2 sampai 3 cangkir kopi dapat menurunkan tingkat nyeri yang dirasakan peserta obyek penelitian. Temuan ini kemudian diulangi dalam University of Georgia dengan hasil terjadi penurunan masing-masing 48% pada nyeri otot, vs 30% dan 25% dengan naproxen dan aspirin.

4. Minum kopi juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh

Selain dapat menurunkan tingkat persepsi rasa sakit selama aktivitas fisik, minum kopi juga dapat menurunkan tingkat persepsi tenaga. Dengan mengurangi jumlah energi yang kita keluarkan sehingga olah raga kita benar-benar terasa lebih mudah. Akibatnya, minum kopi sebelum berolahraga dapat meningkatkan kinerja olahraga lebih dari 11%, dan seolah-olah kita sedang mengerahkan energi lebih sedikit untuk aktivitas itu.

5. Kopi membantu melestarikan jaringan otot

Saat mengkonsumsi kopi, otak akan melepaskan zat yang disebut Brain-Derived Neurotrophic Factor (BDNF). Faktor ini yang mendukung pembangkit tenaga listrik otot kita. Tanpa faktor penting ini, otot lebih mungkin untuk mengalami atrofi. Pada dasarnya, kafein dalam kopi membantu mencegah kehilangan kekuatan yang berkaitan dengan usia serta yang juga dapat mengurangi risiko cedera.

6. Kopi membuat lebih pintar

Zat kimia penting pada kopi akan menyebabkan otak untuk aktif berkreasi. Zat itu juga berguna dalam memblokir yang lain karena sebagai neurotransmitter inhibisi Adenosine. Kondisi ini memungkinkan untuk peningkatan neurotransmiter lain seperti norepinefrin dan dopamin, yang meningkatkan penembakan neuron otak kita. Hasilnya adalah perbaikan di berbagai bidang fungsi otak, seperti waktu reaksi, kewaspadaan dan fungsi umum kognitif.

7. Mampu meningkatkan memori

Fungsi lain yang penting dari otak yang didukung oleh konsumsi kopi adalah memori ditingkatkan. Hal ini sangat penting dan layak untuk disebut secara terpisah dengan pembuat pintar. Dengan minum 2 cangkir atau setara 8 ons kopi per hari telah terbukti dapat meningkatkan memori jangka panjang.

8. Kopi menurunkan risiko depresi

Kopi juga telah dikaitkan dengan tingkat yang lebih rendah dari depresi, terutama pada wanita. Mereka yang mengonsumsi sebanyak 4 cangkir atau 8 ons per hari ditemukan fakta yakni menurunnya risiko depresi mereka sebanyak 20%. Risiko penurunan ini disebabkan fakta bahwa kopi juga memiliki dampak pada produksi bahan kimia otak seperti serotonin dan dopamin.

9. Kopi dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker

Sejauh ini, kopi telah dikaitkan dengan penurunan risiko untuk kedua jenis kanker, yakni kanker hati dan kanker kolorektal, kanker peringkat ketiga dan keempat yang paling umum terjangkiti di dunia. Peminum kopi tampaknya berada pada risiko 40% lebih rendah untuk kanker hati dan risiko 15% lebih rendah dari kanker kolorektal apabila mereka minum 4-5 cangkir per hari. Keterkaitan ini juga telah ditemukan antara peminum kopi dengan risiko yang lebih rendah dari karsinoma sel basal, yakni jenis kanker kulit.

10. Kopi tidak menyebabkan penyakit jantung dan kemungkinannya, malah bahkan mengurangi risiko penyakit ini

Studi selama bertahun-tahun telah mengklaim bahwa mengonsumsi kafein dapat meningkatkan tekanan darah. Meskipun hal ini benar, namun efeknya menjadi cukup kecil dan umumnya hanya hadir pada mereka yang tidak minum kopi secara teratur. Studi belum mendukung gagasan bahwa kopi meningkatkan risiko penyakit jantung, dan bahkan ada bukti bahwa hal itu dapat mengurangi risiko pada beberapa individu, terutama pada wanita. Peminum kopi juga berisiko 20 persen lebih rendah terkena stroke.

Bersambung pada Bagian Kedua dari manfaat kopi bagi kesehatan.