Menu

10 Manfaat Buah Durian yang Mengejutkan

Oktober 3, 2016 | Manfaat Buah | 199 Pengunjung

10 Manfaat Buah Durian yang Mengejutkan – Buah durian? Hmm…si raja buah ini selalu menarik untuk dibicarakan, apalagi jika benar-benar dinikmati beramai-ramai bersama keluarga, sanak kerabat ataupun teman-teman, bukan begitu Sahabat Berkat Sehat. Buah yang mungkin hanya dijumpai dan tumbuh subur di Asia Tenggara, termasuk Indonesia ini memang selalu menggiurkan untuk dinikmati, meskipun dibalut oleh kulit duri yang begitu tajam.

10 Manfaat Buah Durian yang Mengejutkan

10 Manfaat Buah Durian yang Mengejutkan

Secara umum tampilan daging buah yang berwarna kuning ataupun putih, belakangan ini telah ada jenis merah, tekstur buahnya halus ketika telah menyentuh bibir dan lidah kita. Lembut teksturnya ini mengingatkan kita pada margarine. Rasanya pun bisa dipilih sesuai selera, untuk penjual yaang sudah profesional mungkin telah mampu memilihkan rasa sesuai selera kita, dari yang sekedar manis, manis hingga puncaknya manis pahit. Buah ini memiliki bau yang kuat, meski telah lama jangka waktu kita memakannya, namun baunya seperti tetap melekat di tangan, mulut dan bahkan sendawa kita. Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi pula.

Cukuplah penggambaran tentang durian, kali ini mari kita lanjutkan uraian mengenai manfaat buah durian yang dapat kita ambil untuk kesehatan kita. Manfat-manfaat tersebut antara lain :

1. Sebagai sumber energi yang bagus

Untuk satu porsi buah ini dengan berat 243 gram ternyata mengandung sekitar 20% dari kebutuhan harian karbohidrat kita. Beberapa orang yang menjalankan program dietnya mungkin tidak makan buah ini, namun pelari, atlet serta orang-orang yang membutuhkan energi ekstra akan menggunakan dengan baik kandungan karbohidrat dalam buah ini. Dengan mengkonsumsi lima porsi buah ini, maka akan tercukupi kebutuhan energi dari karbohidrat ini untuk keperluan kita sepanjang hari.

2. Sangat baik untuk menjaga keteraturan

Salah satu manfaat buah Durian adalah kandungan serat yang tinggi. Setiap porsi berisi sekitar 9 gram serat yang 37% dari kebutuhan harian kita (berdasarkan diet 2.000 kalori). Kandungan itu sungguh banyak bila dibandingkan dengan banyak buah manis lainnya yang tidak bisa mengcover dalam jumlah beberapa porsi itu. Jadi jika kita memerlukannya (kandungan serat), buah inilah yang baik untuk digunakan.

Baca Juga :   Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil

3. Kadar lemak dan kalori yang tinggi

Ini artinya buah ini benar-benar mengisi penuh nutrisi energi kita. Satu porsi dari sebuah durian itu mengandung lebih dari 350 kalori dan 13 gram lemak. Dan untungnya, ini merupakan jenis lemak yang baik, sehingga kita tidak perlu khawatir tentangnya. Namun, sebaiknya kita juga tidak terlalu berlebihan mengkonsumsi buah ini, karena bila terjadi demikian bisa jadi berat badan kita akan lebih mudah bertambah, dan tentu diet kita akan menjadi berantakan karenanya.

4. Buah yang tinggi kandungan vitamin C

Itu artinya kita berpeluang mendapatkan semua manfaat yang ada dari vitamin C. Hal ini juga termasuk melawan penyakit, membantu dalam penyembuhan luka, membantu menurunkan kolesterol, dan meningkatkan aliran darah. Ada banyak manfaat kesehatan dari vitamin C dan buah durian memiliki kandungan vitamin C yang banyak ini.

5. Mengandung sedikit vitamin B

Vitamin B memiliki banyak manfaat kesehatan. Ini membantu menjaga radikal bebas di teluk dan telah dikaitkan dengan mencegah penuaan dan penyakit jantung. Kandungan vitamin yang sedikit pada buah ini juga dapat digunakan untuk meningkatkan HDL (kolesterol baik). Selain itu manfaat lainnya juga dapat membantu meningkatkan kadar serotonin yang dapat meningkatkan mood dan mengurangi depresi kita.

6. Tingginya kandungan mineral besi dan tembaga

Durian juga tinggi kandungan mineral besi dan tembaganya. Tembaga dan besi inilah yang diperlukan dalam pembentukan dan penciptaan sel darah merah yang sehat. Durian ini juga mengandung mangan, yang dapat membantu kebutuhan tulang dan kesehatan kulit kita.

7. Kandungan kalium yang tinggi

Kalium adalah elektrolit penting yang membantu mengontrol tekanan darah. Selain itu, mineral ini juga penting untuk menjaga kadar natrium kita dalam batas kewajaran serta membantu mengatur detak jantung kita. Durian memang memiliki banyak mineral yang menguntungkan dan itu bisa sangat membantu untuk kesehatan kita.

8. Durian mengandung tryptophan

Zat ini juga dikenal sebagai pil tidur alami. Zat ini juga biasanya terdapat atau terkandung dalam daging kalkun. Kandungan tryptophan pada buah Durian inilah yang mampu kita ngantuk setelah mengkonsumsinya. Senyawa kimia ini dimetabolisme menjadi berbagai neurotransmitter dan dapat membantu dalam menginduksi tidur kita, dan bahkan bisa digunakan sebagai media pengobatan untuk epilepsi.

Baca Juga :   5 Buah Ini Bisa Membuat Kulit Cerah dan Bercahaya

9. Buah durian ini adalah sumber thiamin yang baik

Jika kita membutuhkan lebih banyak thiamin dalam hidup, maka buah Durian adalah jawabannya. Buah ini merupakan sumber thiamin yang berisi sekitar 30% dari asupan harian kita, yang disarankan hanya dalam satu porsi. Thiamin juga dapat membantu metabolisme karbohidrat tubuh kita menjadi energi, serta membantu dalam hal-hal lain, seperti kesehatan otot dan saraf.

10. Banyak kandungan folat dalam buah durian ini

Buah Durian memiliki banyak kandungan folat (atau dikenal sebagai asam folat). Hal ini dapat membantu dalam mencegah penyakit jantung, perkembangan janin (selama masa kehamilan), dan bahkan membantu fungsi otak dengan baik. Satu porsi berisi sekitar 20% dari kebutuhan harian asam folat kita.

Buah durian yang telah ada selama ratusan tahun ini terdapat banyak manfaat kesehatan yang luar biasa. Namun, sebaiknya kita tidak memakannya terlalu banyak karena dapat menambah berat badan kita, karena sangat kaya akan nutrisi, seperti karbohidrat, kalori, dan lemak. Buah durian ini merupakan buah yang tidak biasa. Namun ketika dimakan dalam jumlah sedang, hal itu bisa menjadi buah yang sangat sehat.

Demikian fakta mengejutkan yang mungkin dapat membantu kita memperluas cakrawala pengetahuan kita tentang buah berkulit duri ini alias buah durian. Semoga kita juga dapat menarik banyak  manfaat dari artikel 10 Manfaat Buah Durian yang Mengejutkan.

==================

Tags: manfaat buah durian, manfaat buah durian bagi kesehatan, manfaat buah durian belanda, manfaat buah durian bagi ibu menyusui, manfaat buah durian untuk ibu hamil, manfaat buah durian untuk kecantikan, manfaat buah durian untuk pria, manfaat buah durian bagi kehamilan, manfaat buah durian untuk kehamilan, manfaat buah durian saat hamil, manfaat buah durian utk bumil, manfaat buah durian untuk diet, manfaat buah durian merah, manfaat buah durian untuk wajah, manfaat buah durian untuk kulit, manfaat buah durian buat kesehatan, manfaat buah durian untuk anak, manfaat buah durian montong,

Related For 10 Manfaat Buah Durian yang Mengejutkan